Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Agu 2020 16:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Siracusa, Teater Yunani yang Dramatis

aniky
d'travelers
Foto 1 dari 5
Teatro Greco (Teater Yunani). Di bangun abad ke 5 SM dengan 59 baris yang bisa menampung 15.000 orang
Teatro Greco (Teater Yunani). Di bangun abad ke 5 SM dengan 59 baris yang bisa menampung 15.000 orang
detikTravel Community -

Inilah Siracusa, sebuah situs arkeologi peninggalan Yunani kuno. Pemandangannya indah dan dramatis.

Pulau Sisilia di selatan Italia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja. Banyak peninggalan-peninggalan kuno disana seperti gereja (Chiesa), istana (Palazzo), bahkan situs arkeologi berupa teater Yunani.

Penasaran seperti apa sih teater Yunani yang ada di Siracusa, akhirnya berkesempatan juga berkunjung kesana. Dari pintu masuk hanya terlihat hamparan bukit batugamping tidak terlihat sama sekali teaternya.

Kebetulan pada saat kesana bertepatan dengan tanggal 1 Maret 2020, di sana setiap tanggal 1 semua museum gratis untuk dikunjungi. Jadi hari itu yang harusnya bayar 13 Euro jadi gratis deh, lumayan buat makan siang.

Teatro Greco (teater Yunani) terletak di bawah bukit gamping. Teater ini di bangun pada abad ke 5 sebelum Masehi dan di bangun ulang pada abad ke 3 Masehi.

Selain melihat teater kita juga bisa naik ke bagian atasnya dimana terdapat Grotta del Museion yaitu saluran air yang masih berfungsi hingga sekarang, terdapat juga kamar-kamar yang dibangun dalam batugamping sehingga berbentuk seperti goa.

Dari atas teater kita bisa melihat pemandangan laut dan ikon kota Siracusa yaitu Basilica Santuario Madonna Delle Lacrime. Dalam kompleks situs arkeologi selain teater Yunani kita juga bisa berkunjung ke Orecchio di Dionisio (Telinga Dionisio). Ini merupakan sebuah gua yang berbentuk seperti telinga.

Ada kisah dibaliknya dimana dahulunya ini merupakan sebuah penjara. Diatasnya terdapat lubang kecil dimana Dionioso akan mendengarkan rahasia apa yang dikatakan oleh para tahanan.

Penasaran dengan ampiteater Romawi kuno, disini juga kalian bisa melihatnya dan membayangkan bagaimana dahulunya para gladiator bertarung disana.

Kalau dilihat lebih jelas ternyata ampiteater gladiator ini lebih rumit karena terdapat pintu kecil yang terbuat dari besi di mana nantinya akan keluar singa dari sana untuk bertarung dengan para gladiator.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA