Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 14:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

8 Fakta Menarik Gunung Tidar, Sudah Tahu?

adyt alkautsar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Gunung Tidar di tengah Kota Magelang
Gunung Tidar di tengah Kota Magelang
detikTravel Community -

Jalan-jalan ke Magelang wajib nih mampir ke Gunung Tidar. Terdapat 8 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang gunung ini.

Gunung Tidar terkenal dengan legenda dan berbagai hal mistis lain di dalamnya, terlepas dari kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan atau tidak, mari kita simak 8 fakta menarik tentang gunung Tidar yang harus kamu ketahui.

1. Lokasi yang strategis

Jika biasanya gunung maupun bukit terletak di pinggir kota, namun berbeda dengan yang satu ini. Gunung Tidar berada di tengah-tengah Kota Magelang, tepatnya di Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Letaknya pun sangat mudah di akses dengan berbagai macam kendaraan seperti mobil pribadi, bus, sepeda motor, dan sebagainya.

2. Tidak terlalu tinggi

Gunung Tidar hanya memiliki ketinggian 503 meter di atas permukaan laut. Sebenarnya ini termasuk kategori bukit, namun kebanyakan orang sudah terbiasa menyebutnya gunung. Sehingga gunung Tidar bisa dinikmati oleh semua kalangan, dari anak kecil hingga orangtua.

3. Tempat wisata rekreasi dan spiritual

Selain bisa dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga, Gunung Tidar terkenal oleh masyarakat sekitar dengan wisata spiritualnya. Dikarenakan di kawasan gunung Tidar terdapat beberapa makam dan petilasan, diantaranya makam Syekh Subakir, makam Kiai Sepanjang, makam Kiai Semar, dan petilasan Pangeran Purbaya dalam bentuk pohon beringin besar.

4. Perubahan status
Sebelumnya status gunung Tidar adalah wisata budaya religi, namun kini sudah berubah status menjadi kebun raya. Karena gunung Tidar sudah memenuhi kriteria, yaitu adanya fasilitas parkir dan tempat bersantai, adanya kantor sebagai pengelola kawasan, dan adanya fungsi konservasi.

5. Di puncak terdapat Tugu Sa dan Tugu Akmil

Tugu Sa memiliki tiga sisi dengan tiga simbol tulisan aksara jawa yang berbunyi 'sa', artinya (Sapa, Salah, Saleh). Konon katanya ini merupakan tugu paku tanah Jawa. Selain itu ada juga tugu Akmil yang menjulang tinggi, sebagai tanda perjuangan para taruna Akmil berlatih.

6. Banyak monyet

Jangan kaget saat kita menjumpai banyak sekali monyet berkeliaran di sekitar wisatawan, karena memang inilah habitatnya. Terkadang memang membuat kaget dan menyebalkan karena suka mengincar makanan, tapi mereka tidak melukai jika tidak di ganggu. Intinya tetap berhati-hati dan waspada ya guys.

7. Tempat latihan militer

Bukan hanya sebagai tempat rekreasi dan religi, di lembah Tidar sudah lama menjadi kawah candradimuka bagi para Taruna Akademi Militer berlatih sejak November 1957.

8. Fasilitas, harga tiket, dan jam operasional

Fasilitas: Loket masuk, anak tangga, tempat beristirahat, tempat bersantai, gazebo, tempat duduk, warung, spot foto, mushola, dan toilet.

Harga tiket: Rp3.000,-

Jam operasional: Setiap hari 24 jam.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA