Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 18:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Destinasi Wisata Desa Gunung Jampang

jangipan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kawasan sawah cinta resmi Gunung Jampang.
Kawasan sawah cinta resmi Gunung Jampang.
detikTravel Community -

Untuk pecinta wisata alam yang menantang adrenalin wajib banget berkunjung ke destinasi wisata Desa Gunung Jampang. Lokasinya ada di Garut Selatan.

Kini Garut, terus mengembangkan inovasi serta terus mengembangkan potensi desa kreatif lewat sebuah program BumDes (Badan Usaha Milik Desa). Salah satu pengembangan desa wisata yang terus digalakkan oleh masing-masing desa di Kabupaten Garut, yakni Desa Gunung Jampang.

Pihak desa terus mengemas dengan inovasi teknologi informasinya sebagai aset pengembangan informasi desa. Mereka juga melakukan promosi potensi desa yang saat ini sedang dikembangkan.

Garut siap menjadi salah satu dari 10 Bali Baru yang saat ini sedang gencar di galakkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia (Kemenpar RI). Garut siap menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Desa Gunung Jampang menghadirkan sentuhan baru dalam destinasi wisata desa. Pengelola mengemas wisata alam buatan dengan mengangkat tema "Local Herois" untuk menarik perhatian para pecinta alam yang menantang adrenalin.

Suasana pemandangan alam dengan sawah yang menghampar hijau layaknya seperti berkunjung ke Ubud Bali juga ada di sini. Jelajah Desa Gunung Jampang layaknya menikmati tur mobil Jeep Merapi Tour-Yogyakarta.

Keberadaan bukit-bukit yang menjulang membuat kita sedang menjelajahi hutan di Sumatera atau daerah yang menghadirkan suasana eloknya alam yang indah.

Gunung Jampang Garut Selatan, mengajak kita untuk menjalah nusantara lebih dekat. Ya, bisa dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia.

Apalagi dengan potensi yang terdapat di sekitar Desa Gunung Jampang, sebut saja Kampung Ciawitali, sebagai pusat sentralnya olahan produk kreatif, seperti olahan kopi, camilan, kalua, dan sederet UMKM binaan Desa Gunung Jampang.

Desa Gunung Jampang, bisa ditempuh dari beberapa arah, bisa melalui kawasan Sumadra, Pakenjeng-Pamulihan atau dari Kecamatan Bungbulang. Jarak tempuh dari Garut kota menuju Desa Gunung Jampang sekitar 3-5 jam menggunakan transportasi umum.

Hal yang unik yang bisa Anda nikmati dan temukan jika berkunjung dan menjelajahi Gunung Jampang, menggunakan transportasi umum yaitu naik truk. Transportasi truk tak hanya ada di serial film pendeknya Bu Tedjo 'Tilik', tapi kita pun bisa langsung merasakan serunya naik truk selama 7 jam di perjalanan.

Pokoknya bagi Anda yang memiliki jiwa backpacker, berkunjung ke Gunung Jampang merupakan kado yang super istimewa.

Bagaimana jika tidak menggunakan truk? Kita pun bisa menggunakan sepeda motor, yang bisa dipesan terlebih dahulu kepada Karang Taruna setempat atau ojek lokal.

Kisaran tarif transportasi umum menggunakan truk Rp 50.000 sedangkan ojek lokal sekitar Rp 75.000-100.000 tergantung jarak tempuh ke titik yang mau di tuju antara:

Kp. Ciawitali
Kp. Kampung Lemah Luhur 1 dan 6 
Kp. Babakan 
Kp. Ciranca
Kp. Hegar manah
Kp. Gunung Jampang 
Kp. Jampang Kuning 
Kp. Cihurip 
Kp. Kopo
Kp. Cintaresmi 
Kp. Sukaresmi
Kp. Honje Warak
Kp. Tutugan

Ayo segera jelajahi Gunung Jampang Garut. Untuk saat ini Desa Gunung Jampang menjadi tempat yang di rekomendasikan untuk Anda yang suka dengan nuansa alam dan menantang adrenalin.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA