Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 18:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Candi-candi Buddha di Khon Kaen yang Instagramable

nhe_firmansyah
d'travelers
Foto 3 dari 5
Bangunan utama Wat That
Bangunan utama Wat That
detikTravel Community -

Candi peninggalan agama Buddha tak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Thailand. Selain sakral, juga Instagramable.

Candi atau dikenal dalam bahasa Thailand sebagai Wat, merupakan tempat ibadah orang Buddha. Salah satu yang terkenal dan terbesar adalah Wat Arun yang terletak di Kota Bangkok. Namun, candi-candi yang berada di luar Bangkok juga tidak kalah menariknya.

Di perjalanan kali ini, saya mengunjungi dua candi yang lumayan besar dan menarik di Provinsi Khon Kaen. Yang pertama adalah Wat Nong Waeng. Candi ini terletak di Kota Khon Kaen, berjarak kurang lebih 500 km arah timur laut dari Bangkok. Selain menjadi tempat ibadah umat Buddha, candi ini juga dibuka sebagai tempat wisata.

Aktivitas utama seperti berdoa dan ibadah dilakukan di lantai dasar. Terdapat 9 lantai di candi ini, di mana masing-masing lantai difungsikan dengan tujuan berbeda-beda. Fungsi tersebut di antaranya untuk menyimpan arsip-arsip kuno, lukisan dewa di dunia Brahma, sejarah kota dan benda bersejarah yang berhubungan dengan Buddha dan Wat Nong Waeng. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Khon Kaen di lantai paling atas.

Candi yang lain adalah Wat That. Candi ini terletak tidak jauh dari Wat Nong Waeng. Di sekitar komplek candi, terdapat pagoda dan ruangan utama untuk orang-orang beribadah. Selain itu, pada bangunan utamanya juga orang-orang lokal banyak yang beribadah.

Warna emas dan putih mendominasi bangunan candi ini. Struktur bangunan candinya juga menarik untuk dipelajari karena berbeda dengan Wat Nong Waeng. Seperti pada bagian pagodanya yang menyerupai bentuk lonceng yang sangat umum dijumpai di Thailand.

Sebenarnya candi ini tidak dibuka untuk tempat wisata, tapi pintu candi selalu terbuka untuk orang-orang yang hanya ingin sekadar foto-foto atau melihat-lihat arsitektur bangunannya. Di provinsi Khon Kaen sendiri masih banyak candi-candi yang menarik untuk dikunjungi. Sama halnya dengan candi-candi kuno yang berada di Indonesia, candi tersebut punya nilai sejarah sendiri-sendiri.

Tidak ada penarikan biaya untuk masuk ke Wat Nong Waeng dan Wat That. Hanya saja pengunjung harus mengutamakan sopan santun saat berkunjung. Selain itu, berkunjung ke candi-candi juga merupakan wisata alternatif dan tentunya Instagramable.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA