Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Jan 2021 15:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Air Terjun Grojogan Sewu dan Seribu Tangganya

Melani ersa
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pintu masuk Gerojokan sewu Tawangmangu
Pintu masuk Gerojokan sewu Tawangmangu
detikTravel Community -

Grojogan Sewu memiliki pesona yang tiada tara. Untuk menikmati view-nya, traveler harus melewati seribu tangga naik turun.

Grojogan Sewu atau air terjun seribu bisa menjadi pilihan saat liburan bersantai mencari udara segar untuk meninggalkan rutinitas dan hirup kota. Terletak di Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawamangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, air terjun ini jatuh setinggi 81 meter.

Hawanya dingin, karena Grojogan Sewu berada di ketinggian 1.100 mdpl. Rute untuk menuju air terjun Grojogan Sewu traveler bisa memilih satu dari dua rute yang ada.

Nah, yang menarik adalah rute dengan melewati 1.250 anak tangga yang menurun. Tentu saja, terbayang kan saat pulang nanti.

Menuju Grojogan Sewu dengan menuruni anak tangga ini diuntungkan dengan pohon rindang dan dan jalanan yang berkelok. Selain itu, masih cukup banyak monyet yang berkeliaran di sepanjang jalur. Lumayan, bisa menjadi penghibur saat ngos-ngosan.

Tidak usah khawatir monyet akan menyerang, karena sudah ada pawang di setiap jalan yang membantu pengawasan terhadap kera. Selain itu, beberapa protokol diterapkan termasuk himbauan untuk memasukkan makanan di dalam tas mengingat kera adalah hewan yang suka mengambil makanan yang mereka lihat.

Kini, ditambah adanya protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan penngunjung wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk yang berada di tempat loket tiket masuk.

Sesampainya di air terjun, traveler bisa menikmati suguhan keindahan dari usaha menuruni 1.250 anak tangga. Tingginya air terjun disambut oleh bebatuan raksasa. So, airnya tetap jernih saat  mengalir menuju sungai. Pas banget buat berfoto atau selfie.

Beberapa fasilitas lain yang tersedia di air terjun Grojogan Sewu adalah tempat makan, area sholat, dan kolam bagi anak anak.

Buat traveler yang membawa bocah, jangan lupa untuk selalu mengawasi anak-anaknya.

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Grojogan Sewu itu, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu per orang dan biaya parkir 5 ribu untuk motor. Pengunjung sudah bisa menikmati sejuk dan indahnya air terjun Grojogan Sewu dan wisata air kolam renang yang ada di dalam wisata.

***

Artikel merupakan kiriman pembaca detikcom. Bagi detikers yang ingin berbagi pengalaman traveling berupa artikel atau foto bisa lewat sini.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA