Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Feb 2017 18:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Atraksi dan Tarian Paling Mistis di Indonesia Timur

Bona
Redaksi Travel
Permainan Bambu Gila yang mistis (Afif/detikTravel)
Permainan Bambu Gila yang mistis (Afif/detikTravel)
Jailolo - Selain cantik alamnya, Indonesia Timur juga masih berbalut dengan atraksi mistis. Ada permainan yang melawan jin dan tarian kesurupan di Maluku. Penasaran?

Indonesia Timur memang selalu punya cara untuk bikin jatuh hati. Selain pemandangan alam yang cantik ada juga nih atraksi dan tarian yang masih berbalut dengan mistis. Namanya Bambu Gila dan Tarian Salai Jin.

detikTravel mendapat kesempatan untuk melihat atraksi dan tarian ini beberapa waktu yang lalu. Ini dia pengalamannya:

1. Bambu Gila
Permainan Bambu Gila di Jailolo (Afif/detikTravel)Permainan Bambu Gila yang mistis (Afif/detikTravel)
Salah satu destinasi di timur Indonesia yang punya atraksi menarik, namanya Bambu Gila. Bambu gila merupakan permainan yang berasal dari Maluku Utara, tepatnya di Kabupaten Halmahera Barat.

Bambu Gila bisa dimainkan di mana saja, asal ada pawang yang bisa memberi mantra pada bambunya. Aturan mainnya juga simpel saja, bambu tidak boleh lepas.

Dalam permainan Bambu Gila, akan terdapat satu bambu yang panjang dengan ruas bambu yang bilangannya ganjil. Bambu itu akan dipegang oleh jumlah orang yang juga ganjil, paling sedikit 3 orang.

Kemudian setelah bambu dipegang, sang pawang akan membakar batang pohon atau ranting, lalu mengasapinya mengelilingi bambu. Setelah itu, salah satu ujung bambu akan ditutupi oleh telapak tangannya. Sembari mulutnya komat-kamit membaca mantra.

Pawang akan merapal mantra "Baramasuweng!", artinya adalah "Bambu gila!". Lalu orang-orang yang memegang bambu dengan memeluknya didada dan ditahan dengan tangan, akan membalas dengan mengucapkan "Idadigougou!" yang artinya "Jadi betulan!"

Seketika juga, bambu terasa sangat berat. Walau sudah ditahan 5 orang (termasuk detikTravel saat memainkannya), bambunya benar-benar berat dan harus ditahan sekuat tenaga. Tak hanya berat, bambunya juga bergerak-gerak sendiri!

Bambunya bergerak ke atas ke bawah, ke depan ke belakang dan maju mundur. Seolah-olah mau melepaskan diri dari cengkraman pemain. Gerakannya juga kuat, ditambah dengan bambunya yang berat, para pemain harus benar-benar menahannya agar tidak lepas!

Jika ada yang bertanya, bisakah atau adakah orang yang sudah menaklukan Bambu Gila ini? Orang-orang Jailolo akan menjawab bahwa tidak ada yang pernah mengalahkan Bambu Gila.

2. Tarian Salai Jin

Tarian Salai Jin (Fitraya/detikTravel)Tarian Salai Jin (Fitraya/detikTravel)
Kalau di Jailolo ada permainan Bambu Gila, di Ternate ada tarian kesurupan jin. Namanya Tarian Salai Jin.

Tarian ini terdiri dari 4 pria menari membawa kemenyan yang dibakar. Kemudian ada 4 penari perempuan dengan busana tradisional yang mengiringi di belakangnya.

Awalnya mereka menari berpasangan sampai kemudian ada satu pria dengan jubah hitam datang ke tengah arena. Begitu pria ini datang, ada satu penari perempuan yang bersimpuh lantas bersujud dan ditutupi kain putih besar. Tiba-tiba hal yang mengejutkan terjadi.

Perempuan itu bangun, rambutnya yang tadi digulung, tergerai panjang. Dia menari liar tak terkendali sambil memegangi kain putihnya. Apa yang terjadi? Penari ini dimantrai supaya kesurupan!

Usut punya usut, Tari Salai Jin adalah tarian memanggil jin. Jika jin sudah merasuk ke satu penari, tarian masih berlanjut dengan proses tanya jawab sang pawang dengan jinnya. Namun kalau untuk versi festival, tarian ini bisanya langsung disudahi.

Tari Salai Jin biasanya digelar sebagai ritual bagi masyarakat jika ingin mengatasi permasalahan hidup. Misalnya ada wabah penyakit menimpa satu keluarga, atau ada masalah asmara di dalam keluarga. Tari Salai Jin bisa digelar, lantas pihak yang berkepentingan mencari solusi bersama jinnya.

Konon katanya, kesurupan ini bisa menular ke penonton juga lho! Bagaimana traveler, makin penasaran ingin melihat dan mencobanya kedua atraksi ini langsung? Silakan datang ke timur Indonesia! (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Hunting Foto di Dufan

Selasa, 24 Okt 2017 10:40 WIB

Selain menjajal aneka wahananya, traveler bisa sekalian hunting foto di Dufan. Siapkan kamera andalan kamu ya!

Laporan dari China

Foto: Pulau Penuh Cinta di China

Selasa, 24 Okt 2017 08:15 WIB

Pernah dengar nama Pulau Gulangyu di China? Bisa dibilang inilah 'Pulau Penuh Cinta' karena panoramanya cantik dan banyak yang foto-foto prewedding.