Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Apr 2017 11:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mencium Batu Pengabul Keinginan, Ritual Unik Kastil Irlandia

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Mencium batu di dinding Kastil Blarney, Irlandia (Blarney Castle/Facebook)
Mencium batu di dinding Kastil Blarney, Irlandia (Blarney Castle/Facebook)

FOKUS BERITA

Wisata Istana Dongeng
Cork - Ada ritual tidak biasa yang dicoba turis saat ke Kastil Blarney di Irlandia. Banyak yang mencium batu di dinding kastil yang konon dapat mengabulkan keinginan.

Kastil Blarney sudah berdiri sejak 1446 di Blarney, sekitar 8 km dari pusat Kota Cork dan 263 km dari Dublin, ibukota Irlandia. Walaupun sudah berusia ratusan tahun, bangunan kastil yang dikelilingi taman cantik ini sekilas masih tampak kokoh.

Traveler yang datang ke sana tak hanya menilik sejarah dan mengagumi kastil saja. Ada ritual unik yang sering kali dilakukan. Mereka datang ke kastil, kemudian mencium batu yang dipercaya dapat mengabulkan keinginan.

Ditengok detikTravel dari situs resminya, Kamis (6/4/2017), batu tersebut dikenal sebagai Batu Blarney. Batu ini terletak di salah satu dinding kastil, di ketinggian 25 meter.

Kastil Blarney (Blarney Castle/Facebook)Kastil Blarney (Blarney Castle/Facebook)


Mitos pengabul keinginan itu berawal dari masa lampau. Dahulu sang tuan tanah di kastil ini, Cormac McCarthy, memiliki masalah kepemilikan tanah. Hak kepemilikan tanahnya di Blarney terancam dicabut.

McCarthy yang tak jago bernegosiasi harus menghadap Ratu Elizabeth I untuk membela diri. Dia kemudian berdoa kepada Dewi Cliodhna, sang dewi cinta dalam mitologi Irlandia, agar negosiasinya berhasil.

Singkat cerita, McCarthy diharuskan mencium batu yang pertama kali dia lihat sebelum menghadap Ratu Elizabeth I. Ia pun melakukannya.

Tak disangka, McCarthy berhasil membujuk Ratu Elizabeth I agar hak tanahnya tidak dicabut. Girang bukan kepalang, dirinya kemudian membawa pulang batu yang telah dicium dan memasangnya di salah satu dinding kastil.

Kisah ini pun tersebar luas. Hingga kini masyarakat Irlandia meyakini siapa saja yang mencium Batu Blarney bakal memiliki kemampuan handal untuk berbicara dan meyakinkan orang. Tak hanya itu, orang yang mencium batunya juga konon dapat dikabulkan permohonannya.

Ritual mencium batu (Youtube)Ritual mencium batu (Youtube)


Mencium batu ini tak sembarangan. Pengunjung harus tidur telentang dan berpegangan dengan dua besi di depan dinding. Lalu harus mendorong badan sedikit ke depan agar bisa mencium batunya.

Sekilas memang terdengar sulit, tapi tenang saja karena ada petugas yang akan membantu. Lakukan lah dengan perlahan dan jangan menengok ke bawah kalau takut ketinggian.

Jeda antara koridor dengan dinding berbatu ini sekilas tampak seperti jurang karena memang lokasinya di ketinggian. Walau agak ngeri, tetap banyak yang mengunjunginya.

Setiap tahunnya ada sekitar 400 ribu wisatawan datang ke Kastil Blarney untuk mencium batu itu. Supaya tetap bersih, Batu Blarney pun dibersihkan setiap hari oleh petugas kastil. (krn/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Istana Dongeng
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED