Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Apr 2017 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Berkunjung ke Istana Sleeping Beauty di Jerman

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Istana Neuschwanstein (Fitraya/detikTravel)
Istana Neuschwanstein (Fitraya/detikTravel)

FOKUS BERITA

Wisata Istana Dongeng
Munich - Istana ala negeri dongeng dan kisah kerajaan yang romantis merupakan identitas film-film Disney. Tahukah traveler bahwa istana di film Sleeping Beauty terinspirasi dari sebuah kastil di Jerman?

Adalah Istana Neuschwanstein, tepatnya berlokasi di pedalaman Bavaria, pedesaan Schwangau, Jerman. Schwangau sendiri terletak kira-kira 120 km dari kota Munich, yang terdiri dari lembah dan beberapa danau termasuk Danau Forgensee yang besar. detikTravel pernah berkunjung ke sana beberapa waktu lalu.

Kastil Neuschwanstein terletak bukan di dataran rendah seperti kastil pada umumnya. Tetapi letaknya berada di atas bukit. Dari kaki bukit pun sudah terlihat jelas istana Neuschwanstein yang besar nan megah.

Dibangun pada tahun 1837, kastil Neuschwanstein dibangun oleh Raja Ludwig II, yang merupakan seorang penguasa Bavaria. Ia dikenal sebagai raja yang kurang memiliki minat terhadap dunia politik tetapi memiliki ketertarikan tinggi terhadap seni karya Richard Wagner.

Bentuknya memang mirip istana Disney (Fitraya/detikTravel)Bentuknya memang mirip istana Disney (Fitraya/detikTravel)
Ini menjadi salah satu faktor mengapa istana ini bak kastil di negeri dongeng, dan menjadi inspirasi salah satu film Disney yaitu Sleeping Beauty, yang juga merupakan ikon Disneyland.

Ruangan-ruangan di dalam kastil sebagian besar dihiasi oleh ornamen yang diambil dari dongeng Richard Wagner. Mulai dari ruang singgasana, kamar tidur, ruang belajar hingga kapel pribadi Raja Ludwig II. Mau merasakan negeri dongeng yang sesungguhnya? Coba saja ke ruangan dansa yang paling Disney banget. Semua ruangan tersebut berada di lantai atas kastil.

Sedangkan di lantai bawah istana berfungsi sebagai museum, kafe dan toko suvenir. Traveler dapat mengenal sejarah kastil atau berbelanja dan menikmati makanan ringan disini. Jika ikut tur bisa bebas berfoto ria di lantai bawah dengan latar lainnya seperti balkon, dapur dan lorong-lorong.

Ruang singgasana raja dengan ornamen unik (Fitraya/detikTravel)Ruang singgasana raja dengan ornamen unik (Fitraya/detikTravel)
Apabila ingin berkunjung ke istana Neuschwanstein, traveler dapat membeli tiket yang dijual di kaki bukit. Harganya berkisar 12 Euro atau setara dengan Rp. 172 ribu, bisa juga dalam bentuk paket seharga 23 Euro (Rp. 331 ribu) ke Istana Hohenschwangau yang letaknya berdekatan namun kalah terkenal.

Untuk mencapai kastil Neuschwanstein, traveler perlu trekking sekitar 40 menit dan waktu tur di dalam istana 30 menit. Namun seluruh perjuangan tersebut akan terbayar oleh keindahan kastil dan pemandangan dari atas bukit yang hijau.

Jika traveler berangkat dari kota Munich, traveler bisa naik kereta antarkota ke Fuessen. Dari Stasiun Fuessen terdapat Bus No 78 ke halte Istana Neuschwanstein di kaki bukit. Bila ingin datang perhatikan juga musimnya, yang paling pas saat datang ke sini adalah pertengahan musim semi hingga musim panas. (bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Wisata Istana Dongeng
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED