Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Apr 2017 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jangan Baca Kalau Takut! Kastil Drakula di Rumania

Afif Farhan
Redaksi Travel
Selamat datang di Kastil Bran atau dikenal juga Kastil Drakula (Thinkstock)
Selamat datang di Kastil Bran atau dikenal juga Kastil Drakula (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Wisata Istana Dongeng
Brasov - Kastil Drakula sungguhan ada. Namanya Kastil Bran di Rumania, yang punya kisah menyeramkan tentang Vlad Dracula yang kejam nan sadis.

Kastil Bran bisa ditempuh dari Kota Bucharest, ibukota Rumania dengan naik kereta selama 3 jam ke Brasov. Lalu tiket masuknya, hanya 20 Romanian New Leu (RON) atau setara Rp 65 ribu saja. Anda bisa menggunakan jasa pemandu di Kota Brasov, kalau mau datang ke sana malam hari.

Nah, Drakula merupakan cerita novel karangan Bram Stoker di abad ke-18. Ini cerita tentang vampir penghisap darah yang bisa berubah jadi kelelawar dan tinggal di kastil seram. Cerita itu, terinspirasi dari Vlad Dracula.

Dalam penelusuran detikTravel saat berkunjung ke sana beberapa waktu silam, Vlad Dracula adalah seorang penguasa Wallachia (sebelum berganti menjadi Rumania) dan ada di kawasan Hungaria. Dia berkuasa dari tahun 1448 sampai 1462. Vlad Dracula terkenal dengan kekejamannya yang diluar nalar. Dia menghukum tahanan perang dan para bangsawan dengan cara yang sadis, yakni disula!

Badan mereka ditusuk dengan batang kayu yang diruncingkan dari bagian pantat hingga menembus ke mulut atau ke kepala. Tak hanya pria, wanita dan bayi sekali pun dihukum dengan cara seperti itu. Pokoknya, siapa saja yang tidak mau tunduk kepadanya. Itu dilakukan di halaman kastil dan di lapangan terbuka agar dilihat orang-orang.

Kastil Bran tampak dari kejauhan (Thinkstock)Kastil Bran tampak dari kejauhan (Thinkstock)


Vlad Dracula (Youtube)Vlad Dracula (Youtube)
Tak cukup sampai situ, Vlad Dracula punya cara yang tajk kalah kejam. Selain disula, para tahanannya akan dipenggal dan diberikan ke musuh-musuhnya. Maka dia pun diberi julukan, Vlad Impaler, alias si pemenggal.

Sejarah hidup Vlad Dracula lantas menginspirasi Bram Stoker untuk membuat cerita Dracula. Kabarnya, Vlad Dracula punya pribadi yang mirip-mirip dnegan tokoh fiktif Drakula seperti tidak kuat terkena sinar matahari dan konon punya sihir yang sakti mandraguna.

Berbagai peninggalan barang-brang Vlad Dracula di dalam kastilnya (Elvan/detikTravel)Berbagai peninggalan barang-brang Vlad Dracula di dalam kastilnya (Elvan/detikTravel)
Di akhir hidupnya, Vlad Dracula dibunuh di Danau Snagov oleh pasukan Kesultanan Usmaniyah. Semenjak itu, tidak ada lagi penguasa yang kejam seperti dirinya. Terlepas dari kontroversi sejarah, kastil Bran yang bekas kediaman Vlan Dracula sudah kadung terkenal sebagai tempat yang angker. Itu didasari oleh banyaknya tahanan perang yang tewas di sana.

Jadi, berani jalan-jalan di kastil ini? (bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Wisata Istana Dongeng
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED