Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Apr 2017 17:57 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Dia Pekan Raya Paling Besar se-Australia!

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Suasana Royal Easter Show di Sydney (Fitraya/detikTravel)
Suasana Royal Easter Show di Sydney (Fitraya/detikTravel)
Sydney - Setiap negara pasti punya acara pekan raya. Kalau di Australia, namanya pekan raya Royal Easter Show. Ini acara paling besar di Benua Kanguru sejak 1823!

Royal Easter Show digelar oleh Royal Agricultural Society di Sydney Showground, kompleks Sydney Olympic Park pada 16-19 April 2017. detikTravel dalam undangan Golden Rama Tours & Travel dan Destination NSW mendatangi hari penutupannya pada Rabu (19/4/2017).

Pekan raya ini sudah berumur 197 tahun dan digelar pada saat musim liburan Paskah. Yang unik dari pekan raya ini adalah temanya yaitu pertanian. Dari tumbuhan sampai ternak ada semua di sini.

Awalnya adalah para petani di Negara Bagian New South Wales yang ingin memperkenalkan hasil taninya kepada warga kota. Jadilah pelan-pelan mereka berhimpun dan akhirnya menjadi besar seperti sekarang ini.

Pekan raya ini bertema pertanian (Fitraya/detikTravel)Pekan raya ini bertema pertanian (Fitraya/detikTravel)


Balik lagi ke soal lokasi acara, ini memang bekas tempat Olimpiade Sydney. Jadi terbayang bukan betapa besarnya pekan raya ini. Orang lalu lalang keluar masuk beraneka gedung pameran yang membagi pekan raya ini berdasar tema.

Ada pameran sayur mayur di Woolworths Fresh Food Dome, hasil peternakan dari sapi, kambing sampai ayam. Kemudian ada puluhan gerai kuliner, hiburan, belanja sampai wahana taman rekreasi.

"Ada hampir 900 ribu pengunjung, meningkat 30 persen. Kita juga ada kunjungan wisman dari China cukup banyak," kata Belinda Dona, Manager Trade Marketing, Royal Agricultural Society NSW.

Siapa sangka, ternyata seru juga ya melihat pameran aneka sayur mayur sampai hasil laut dari udang sampai tiram. Pameran hewan ternak juga seru banget, ada satu ruang khusus seperti lumbung ternak yang disebut The Barn.

Anak-anak bisa bermain dengan kambing (Fitraya/detikTravel)Anak-anak bisa bermain dengan kambing (Fitraya/detikTravel)


Di dalamnya kambing dan domba berkeliaran bebas dan anak-anak bisa memberi makan sendiri. Kemudian ada juga demonstrasi memerah susu sapi. Bahkan ada kompetisi ayam terbaik.

"Kami di sini menampilkan semua hasil pertanian terbaik di Australia. Nah tempat kami juga menjual tiram premium, rasanya paling enak di Australia. Pekan Raya ini bagus buat pembelajaran bagi anak-anak, dari sinilah makanan mereka berasal," kata Frank Theodorou pemilik De Costi Seafood.

Tidak cuma tiram dan udang, madu-madu terbaik Australia juga dipamerkan. Bahkan buah-buah labu dengan ukuran sampai 113 kg. Wow, bukan main! Selebihnya ada pameran karya seni berbagai jenis yang juga dilombakan dari fashion sampai lukisan.

Pekan raya tentu tidak lengkap tanpa kehadiran aneka atraksi. Yang terkait dunia pertanian ada atraksi membelah kayu, mencukur domba sampai rodeo. Selain itu, tentu ada juga aneka wahana permainan ala taman rekreasi.

Aneka wahana pemacu adrenalin (Fitraya/detikTravel)Aneka wahana pemacu adrenalin (Fitraya/detikTravel)


Ada bianglala dan komidi putar buat anak-anak. Sementara yang remaja dan dewasa ada rumah horor, giant swing, tower dan aneka wahana pemacu adrenalin lainnya.

Untuk belanja, ada Showbag Hall, dimana berbagai brand makanan sampai stasiun TV menjual showbag, yaitu kantung hadiah berisi aneka benda-benda menarik. Anak-anak pun senang dibuatnya.

Berakhir sudah Royal Easter Show dengan aksi rodeo, lagu country dan aksi kembang api yang membahana. Jika tahun depan ada lagi, traveler perlu juga datang ke Royal Easter Show. Terasa banget budaya dan suasana yang begitu khas Australia!

Pusat belanja oleh-oleh makanan (Fitraya/detikTravel)Pusat belanja oleh-oleh makanan (Fitraya/detikTravel)
(fay/msl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Sangalaki, Si Cantik dari Derawan

Minggu, 30 Apr 2017 08:50 WIB

Kepulauan Derawan di Kaltim memiliki banyak pulau kecil. Salah satunya Sangalaki, yang pantainya berpasir putih dan ada penangkaran penyu. Cantik sekali!