Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Rabu, 26 Apr 2017 09:53 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bagaimana Traveler Menentukan Kiblat Saat di Tengah Laut?

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: Kapal Pesiar SS Virgo (Masaul/detikTravel)
Foto: Kapal Pesiar SS Virgo (Masaul/detikTravel)
Manila - Ada kalanya perjalanan traveler menghabiskan waktu berhari-hari di dalam kapal. Tapi bagaimana ya cara menentukan arah salat di tengah lautan?

detikTravel mengarungi Laut China Selatan beberapa waktu lalu selama 5 hari. Kapal pesiar yang kami tumpangi bernama SS Virgo dan berangkat dari Pier 15 Kota Manila, Filipina.

Cruise ini memang tak menyediakan kabin ibadah bagi yang muslim maupun non muslim. Jadi, semua penumpang harap bersabar dan menjalankan ibadahnya masing-masing di dalam kamar.

Jika Anda traveler muslim, ada beberapa trik untuk menentukan arah kiblat. Yang pertama adalah selalu memperhatikan arah terbit dan terbenamnya matahari.

Hal ini dikarenakan arah dan posisi kapal yang dinamis. Sehingga, bisa saja ketika Anda salat saat ini menghadap pintu lalu memasuki waktu salat berikutnya menghadap jendela kabin.

Kedua, tanyakanlah petunjuk arah kepada awak kapal tentang keberadaan barat dan timur. Jika bertanya kepada crew, usahakanlah bertemu crew dari asisten kapten kapal dengan asumsi merekalah yang mengetahui posisi kapal sebenarnya dan menghadap ke arah mana.

Ketiga, gunakanlah kompas digital yang ada di smartphone Anda. Kompas digital yang sudah diatur sebelumnya---saat masih tersambung internet---amat membantu menentukan arah kiblat dan cukup akurat walau tidak tesambung dengan internet.

Berbagai sumber situs keagamaan menyebutkan bahwa arah kiblat sesuai dengan kemantapan hati traveler. Seperti firman Allah SWT berikut ini:

"Dan milik Allah timur dan barat. Ke mana pun kamu menghadap, di sanalah wajah Allah. Sungguh, Allah Maha Luas, Maha Mengetahui, (QS. Al-Baqarah, ayat 115)." (msl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.