Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Selasa, 09 Mei 2017 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Namanya Air Terjun Asik-Asik, Tapi Bukan di Indonesia

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Air Terjun Asik-asik di Alamada, Filipina (Air Terjun Asik-asik/Facebook)
Air Terjun Asik-asik di Alamada, Filipina (Air Terjun Asik-asik/Facebook)
Alamada - Tidak hanya punya kemiripan fisik, Filipina juga punya air terjun yang namanya sangat Indonesia. Inilah Air Terjun Asik-asik di Alamada, Filipina.

Berawal dari sebuah foto yang viral di sosial media, nama Air Terjun Asik-asik di Filipina mendadak populer pada tahun 2010 silam. Lokasinya terletak di Kota Alamada yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan darat dari Davao City.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Provinsi Cotabato Filipina, Selasa (9/5/2017), air terjun ini memiliki lebar sekitar 140 meter dan terdiri dari sejumlah air terjun mini. Sekilas mirip dengan Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Jawa Timur.

Sekilas mirip Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang (Air Terjun Asik-asik/Facebook)Sekilas mirip Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang (Air Terjun Asik-asik/Facebook)

Namun berbeda dengan kata asyik dalam bahasa Indonesia, asik dalam bahasa setempat memiliki arti percikan menurut bahasa lokal Hiligaynon. Tidak heran, Air Terjun Asik-asik memang memunculkan percikan air yang tampak seperti kabut tipis.

Jika biasanya air berasal dari sungai yang mengalir di bagian atas, lain halnya dengan Asik-asik Falls. Tak ada aliran sungai di air terjun ini. Air berasal dari sela-sela bebatuan, karena air mengalir di bawah tanah. Traveler pun harus trekking dulu sekitar 15 menit dari jalan utama.

Wisatawan yang tengah menikmati segarnya air terjun (Air Terjun Asik-asik/Facebook)Wisatawan yang tengah menikmati segarnya air terjun (Air Terjun Asik-asik/Facebook)

Selain Asik-asik Falls, terdapat beberapa wisata alam lainnya di Provinsi Cotabato. Antara lain Kitub-Bao Cave yang punya sungai bawah tanah dan jadi habitat kelelawar, juga Mount Opao yang punya sumber air mineral.

Dari Manila, traveler bisa naik pesawat domestik menuju Awang Airport di Cotabato City. Waktu tempuh penerbangannya sekitar 1 jam 30 menit. Asyik lah pokoknya! (bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.