Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Kamis, 18 Mei 2017 13:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

3 Danau Ajaib yang Bisa Hilang & Muncul Lagi

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Danau Terusan Kamang di Agam, Sumbar (Honesty Yonanda/dTraveler)
Danau Terusan Kamang di Agam, Sumbar (Honesty Yonanda/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
Agam - Ada danau ajaib di dunia yang bisa menghilang, kemudian muncul lagi pada waktu-waktu tertentu. Salah satunya ada di Indonesia lho!

Dari sekian banyak keajaiban yang bisa terjadi pada sebuah danau, fenomena danau yang bisa menghilang, kemudian muncul kembali ternyata sungguhan ada. Bukan fiksi, melainkan ada penjelasannya yang masuk di akal.

Dihimpun detikTravel, Kamis (18/5/2017), danau ajaib yang bisa menghilang dan muncul lagi ini bisa dijumpai di 3 negara yaitu di Indonesia, Irlandia dan terakhir ada di Kyrgyzstan. Yuk, simak satu per satu di bawah ini:

1. Danau Terusan Kamang, Sumbar

(Honesty Yonanda/d'Traveler)(Honesty Yonanda/d'Traveler)

Terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ada satu danau ajaib yang kerap luput dari pengamatan traveler. Namanya Danau Terusan Kamang. Yang menarik dari danau ini tentu saja kemampuannya untuk menghilang dan muncul kembali di waktu-waktu tertentu.

Lokasi persis danau ini berada di Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Agam, Sumbar. Luas danau ini kalau lagi kering, kurang lebih sekitar 2 kali luas lapangan sepak bola.

Menariknya lagi dari danau ini, waktu menghilang dan munculnya danau, tidak ada yang bisa memprediksi. Kapan air danau akan mengering atau penuh, sampai sekarang belum diketahui. Begitu pula dengan aliran airnya, semua masih jadi misteri.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke danau ini tentu saja saat danau sedang penuh. Kalau lagi penuh, traveler bisa menyewa rakit untuk berkeliling danau. Bisa kemping dan mendirikan tenda di tepi danau lho traveler. Seru banget!

2. Danau Loughareema, Irlandia

(Les Calderwood/Youtube)(Les Calderwood/Youtube)

Danau kedua, berada di belahan dunia lain dari Indonesia. Terletak di benua Eropa, ada Danau Loughareema yang juga bisa menghilang di Irlandia.

Lokasi danau ini terletak tak jauh dari pesisir pantai Kota Ballycastle. Danaunya sendiri kalau sedang ada airnya, akan tampak indah. Namun di satu waktu, danau akan mengering, tanpa ada air sama sekali. Fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah, dan bukan karena kekeringan.

Ternyata, struktur dasar danau yang mempengaruhi fenomena ini. Dasar Danau Loughareema rupanya tanah gambut, sehingga air akan diserap sampai ke dalam tanah. Saat curah hujan mulai tinggi lagi, Danau Loughareema akan terisi air kembali.

Malah, air bisa berlebih-lebih memenuhi danau ini, sampai menyebabkan banjir di jalan raya yang terletak tepat di samping danau.

Menurut cerita penduduk setempat, banjir ini menewaskan seorang Jenderal yang bepergian memakai kereta kuda saat melintas di dekat danau. Sampai sekarang, penampakan sang Jenderal bersama kereta kudanya kerap dilihat traveler di sekitar danau. Hii...

3. Danau Merzbacher, Kyrgystan

(Visit Kyrgysztan)(Visit Kyrgysztan)

Terakhir, danau yang bisa menghilang ada di Kyrgystan. Tepatnya di Ak-Su, di Issyk Kul Region, daerah terpencil yang lebih banyak gunung-gunung es-nya dibandingkan pemukiman. Nama danau ini diambil dari nama Gottfried Merzbacher, ahli geografi dan pendaki gunung berkewarganegaraan Jerman yang menemukannya.

Ceritanya saat itu, Merzbacher memimpin tim ekspedisi ke Pegunungan Tian Shan untuk mencapai puncak Khan Tengri. Sayang, karena badai salju perjalanan Merzbacher terpaksa mengganti rute di Byankol Pass, sampai akhirnya ketemu Gletser Enilchek. Di gletser inilah, danau tersebut ditemukan.

Danau Merzbacher bisa menghilang 2 kali dalam setahun, sekali di musim panas, dan sekali di musim dingin. Saat danau mengering, tersisa bongkahan besar es yang terdapat di celah-celah antara gletser.

Beberapa penjelasan ilmiah dapat diutarakan mengenai fenomena alam ini. Salah satunya soal tekanan air yang menciptakan perubahan bentuk dalam bendungan es, sehingga membuka celah yang membuat air danau terkuras. Sampai sekarang para peneliti tengah meneliti penyebab fenomena tersebut bisa terjadi.

(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Negeri di Atas Awan Ala Trenggalek

Minggu, 28 Mei 2017 15:55 WIB

Jangan salah, Trenggalek di Jawa Timur punya Bukit Banyon untuk melihat panorama bak negeri di atas awan. Yang nanti bakal mudik ke sana, harus lihat langsung!

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.