Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Kamis, 18 Mei 2017 18:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cantik Sih, Tapi Danau Ini Bisa Bikin Hewan Jadi Batu!

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Danau Natron di Tanzania (Thinkstock)
Danau Natron di Tanzania (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
Dodoma - Ada yang ajaib dengan destinasi wisata Danau Natron di Tanzania. Air di danau ini dapat membuat hewan membatu. Hati-hati...

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (18/5/2017), Danau natron berlokasi di bagian utara Tanzania, tepatnya di kawasan perbatasan dengan Kenya.

Jarak ke lokasi cukup jauh. Butuh 7 jam perjalanan menggunakan mobil dari Dodoma, ibukota negara Tanzania ke Kota Arusha. Lalu, lanjut lagi sekitar 2-3 jam.

Danau Natron sebenarnya memiliki pemandangan indah. Danau ini terletak di dekat gunung berapi Ol Doinyo Lengai. Permukaan danau terlihat berwarna pink jernih bagaikan kaca dan panorama gunung berapi sekelilingnya membuatnya sangat mempesona.

Danau Natron yang kemerahan dilihat dari udara (Thinkstock)Danau Natron yang kemerahan dilihat dari udara (Thinkstock)


Bagi yang naik pesawat menuju Tanzania, pasti dibuat terhipnosis saat melihat danaunya dari ketinggian. Saat melihatnya dari dekat, burung-burung flamingo yang ada di pinggiran danaunya menambah elok pemandangan. Apalagi gunung berapi yang menjadi latar background danaunya, layak diabadikan dalam kamera.

Tapi di balik itu semua, Danau Natron terkenal sebagai tempat paling mematikan. Kelelawar dan burung-burung pernah ditemukan mati terdampar dalam kondisi membatu. Belum ada orang yang mengetahui dengan pasti bagaimana hewan-hewan itu mati, tetapi sepertinya permukaan danau yang seperti kaca mengelabui hewan untuk menyelam ke dalam air.

Karena kengerian danau ini, warga Tanzania dan traveler yang pernah datang ke sana menjuluki Danau Natron sebagai neraka! Ketika menjelajahi pinggiran Danau Natron, Anda akan melihat banyak bangkai-bangkai hewan yang kebanyakan burung. Beberapa bangkainya pun terlihat seperti membatu dan berwarna abu-abu. Jumlahnya ada ribuan!

Kawanan burung flamingo di Danau Natron (Thinkstock)Kawanan burung flamingo di Danau Natron (Thinkstock)


Dari hasil penelitian, natron pada nama danaunya merupakan air garam yang memiliki pH sampai 10,5. Artinya, air danaunya dapat membakar kulit dan mata hewan. Belum selesai, air danaunya juga tercampur dengan abu beracun dari gunung berapi yang ada di sekelilingnya. Suhu airnya pun dapat menyentuh angka 100 derajat Celcius!

Garam yang terkandung di dalam airnya bukanlah garam biasa. Dari hasil penelitan, garam di Danau Natron merupakan kapur magmatik yang telah ditempa dalam bumi, keluar melalui aliran lava. Ibaratnya begini, hewan yang masuk ke dalam danaunya bak masuk ke dalam adonan semen dan membuat mereka menjadi batu.

Satu-satunya spesies hewan yang dapat bertahan hidup di bawah permukaan danau adalah alkaline tilapia (Alcolapia alcalica), ikan sejenis nila.

Bangkai hewan mati membatu (Thinkstock)Bangkai hewan mati membatu (Thinkstock)
(msl/fay)

FOKUS BERITA

Danau Ajaib Dunia
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Negeri di Atas Awan Ala Trenggalek

Minggu, 28 Mei 2017 15:55 WIB

Jangan salah, Trenggalek di Jawa Timur punya Bukit Banyon untuk melihat panorama bak negeri di atas awan. Yang nanti bakal mudik ke sana, harus lihat langsung!

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.