Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2013 08:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ke Luar Negeri, Coba Timor Leste!

Faela Shafa
detikTravel
Timor Leste (Harry Jonathan/d'Traveler)
Jakarta - Selain Malaysia dan Singapura, ada negara lain yang jadi tetangga Indonesia. Lebih menarik, negara ini sangat eksotis dan belum banyak terungkap. Yuk singkap keindahan Timor Leste!

Setelah melepas diri dengan Indonesia pada tahun 1999, akhirnya Timor Leste berdiri sendiri menjadi negara merdeka pada 2002. Ada beberapa bahasa yang berlaku di sana yaitu Bahasa Indonesia, Inggris dan Tetun. Mayoritas agama di sana adalah Katolik (98%), Protestan (1%) dan Islam (1%).

Yang menarik, banyak patung Yesus Kristus bisa mudah ditemui di sana. Meski sempat memiliki konflik dengan Indonesia, bukan berarti wisatawan asal Indonesia tidak bisa liburan ke sana. Timor Leste terbuka bagi siapa saja yang ingin mengungkap keindahannya yang masih tersembunyi.

"Ada beberapa turis Indonesia yang datang ke sana (Timor Leste), tapi lebih banyak turis asing seperti dari Eropa dan AS," tutur salah seorang staf Kedutaan Besar Timor Leste untuk Indonesia, Irna kepada detikTravel, Selasa (9/10/2013).

Diperlukan visa untuk bisa masuk ke sana. Visa yang berlaku adalah Visa on Arrival. Visa ini bisa didapat di dua pintu masuk negara tersebut, dari udara ataupun darat. Jika dengan perjalanan udara, turis akan mendapat VOA di bandara saat melewati imigrasi.

Sedangkan jika dengan jalan darat, VOA bisa didapat dari kantor imigrasi yang ada di Kupang. Harga VOA Timor Leste adalah USD 35 atau Rp 390 ribu. Untuk visa liburan, masa berlakunya adalah 30 hari.

Jika ingin naik pesawat dari Indonesia bisa menggunakan Merpati atau Sriwijawa Air dengan harga tiket mulai dari Rp 1,5-2,4 juta sekali jalan. Bisa juga dengan jalan darat dari Kupang, menggunakan travel hingga sampai Dili. Lama perjalanan darat dari Kupang menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Dili yang jadi ibukota memiliki beberapa objek wisata menarik antara lain Dili's Resistance Museum. Museum ini menceritakan mengenai perjuangan Timor Timur dalam mendapatkan kemerdekaannya. Jangan lupa juga menengok Santa Cruz Cemetery, di mana banyak warga Timor Leste yang tewas dalam kerusuhan di Dili 22 tahun lalu.

Menjelang sore, wisatawan bisa menyusuri pesisir pantai yang sangat cantik dan khas. Tersedia warung-warung di tepian pantai yang menjajakan kelapa muda atau bir dan koktail. Untuk makan malam, wajib coba ikan bakar segar yang rasanya pasti gurih.

Keluar dari Dili, ada banyak lagi objek wisata yang bisa ditemui. Bagi para pecinta diving dan snorkeling, Timor Leste surganya. Banyak titik yang bisa didatangi, salah satunya area K41 yang terkenal dengan keindahan taman lautnya. Cantiknya sudah bisa terlihat dari kedalaman 10 meter.

Coba saja ikut paket Dive Timor Lorosae. Ada paket wisata sehari ke Pulau Atauro yang bisa berjalan dengan minimal 2 orang peserta. Harga untuk paket ini, sekaligus diving adalah USD 165 (Rp 1,8 juta) per orang. Ada juga paket diving ke sekeliling perairan Dili dengan harga USD 85 (Rp 950 ribu).

Ingin kemping yang seru, datang saja ke Pulau Jaco. Pulau yang berjarak 7 jam dari Dili ini menawarkan alam pesisir yang sangat perawan. Dirikan tenda di mana suka, nikmati nuansa alam yang tak ternoda. Jika beruntung, wisatawan bisa membeli ikan dan meminta dimasakkan oleh nelayan setempat.

Hotel Pousada menawarkan pemandangan tidak biasa dari Maubisse, kota di Distrik Ainaro. Hotel bergaya Portugis ini terkenal dengan penghasil kopi tapi juga memiliki pemandangan luar biasa. Tinggal beberapa hari di hotelnya dan nikmati panorama Ramelau, gunung tertinggi di Timor Leste. Jika ingin, turis juga bisa mendaki gunung tersebut. Kebanyakan ingin melihat mentari terbit dari puncaknya.

Berkeliling sebagian Timor Leste dengan menggunakan sepeda motor bisa jadi alternatif menarik lainnya. Wisatawan bisa mengarah ke selatan dan menikmati jejeran pantainya, atau ke arah barat dan menengok Balibo House di Balibo yang pernah masuk film berjudul 'Balibo Five'.

Berkendara dengan santai, rasakan angin mengelus wajah dan rambut. Tak lupa, hal paling berharga dari perjalanan ini adalah merasakan keramahan dari para penduduk lokal yang tanpa pamrih. Selamat menikmati Bumi Timor Lorosae!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA