Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Jan 2016 08:21 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan Spesial & Seru di Brisbane, Menikmati Galeri Seni

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Foto: Fitraya Ramadhanny
Foto: Fitraya Ramadhanny
Brisbane -

Liburan ke Brisbane, Australia, dapatkan kesempatan menikmati destinasi yang berbeda. Ada galeri seni yang gratis dikunjungi wisatawan!

Di Queensland Art Gallery dan Gallery of Modern Art yang saling berhadapan, sedang digelar The 8th Asia Pacific Triennial of Contemporary Art (APT8). Ajang seni ini berlangsung sejal 21 November 2015 sampai 10 April 2016.

Berkunjung ke pameran ini, bisa menjadi aktivitas wisata yang memberikan pengalaman unik dan menarik. Daripada sekadar belanja atau berkunjung ke objek wisata, kenapa tidak datang ke pameran seni?

detikTravel datang ke APT8 bersama Tourism Queensland pada Desember kemarin. Lokasinya mudah dijangkau karena bersebelahan dengan Queensland Museum & Science Centre yang memang ramai dikunjungi wisatawan.


Gallery of Modern Art (Fitraya/detikTravel)

Ada hasil karya dari 80 seniman atau kelompok seniman dari 30 negara di Asia Pasifik termasuk Indonesia. Hasil karya mereka mulai dari lukisan, patung, seni instalasi, audio visual, fotografi dan berbagai media seni lainnya.

Mengunjungi APT8, bisa menjadi pengalaman liburan yang seru dan menghibur otak dan hati. Bagaimana tidak, Queensland Art Gallery dan Gallery of Modern Art adalah dua gedung yang sangat besar.

Rasanya tidak cukup sehari untuk menikmati seluruh karya seni yang ada. Ibaratnya, kita sedang berkunjung ke Museum Louvre di Paris yang penuh karya seni, namun di sini semua adalah karya seni kontemporer.


Instalasi seni berjudul SaVAge K'lub (Fitraya/detikTravel)

Saya sebenarnya penasaran dengan seniman Indonesia yang karyanya eksis di sini. Melati Suryodarmo adalah seorang penari dengan karyanya I'm Ghost in My Own House.

Itu adalah rekaman dia menari selama 12 jam! Rekaman menari ini dilakukan di Lawangwangi Creative Space di Bandung, dimana dia menari selama berjam-jam sambil kakinya menghancurkan arang. Di APT8, rekaman video ini ditampilkan bersama bubuk arang yang dia hancurkan.

Sayang beribu sayang, karena galeri ini terlalu luas, saya tidak dapat menemukan display video seni Melati Suryodarmo. Tapi tidak mengapa, karena saya melihat ratusan karya seni lainnya yang sangat kreatif.

Salah satu alasan kenapa APT8 ini menarik dikunjungi adalah penampilan hasil karya sejumlah seniman muslim dari berbagai negara. Pop Islam adalah penampilan video-video seni tentang Islam. Namun saya tertarik dengan proyek video seni seniman muslim perempuan dari Kamboja bernama Anida Yoeu Ali.


Video seni karya seniman muslim Kamboja, Anida Yoeu Ali (Fitraya/detikTravel)

Video proyektor selama 7 menit ini menampilkan Anida dengan hijab oranye, memakai kostum ular raksasa. Kemudian dia naik gerobak motor mengelilingi perkotaan di Kamboja. Anida kemudian menyaksikan aneka perilaku hedonisme masyarakat modern Kamboja. Sungguh sebuah video seni yang penuh makna.

Masih banyak lagi aneka karya seni yang jumlahnya mungkin ratusan. Menyelami makna setiap karyanya sungguh menjadi makanan yang sehat untuk otak para traveler. Apalagi APT8 bisa dikunjungi secara gratis.

"Tidak hanya pengalaman menikmati galeri seni biasa di sini, tapi juga wisatawan bisa mendapatkan banyak pengalaman fun khususnya buat anak-anak. Banyak program interaktif dan live program, dan ini gratis," kata kurator pameran Reuben Keehan.


Anak-anak juga bisa menikmati galeri ini (Fitraya/detikTravel)

Cara ke sana:

APT8 yang digelar di Gallery of Modern Art dan Queensland Art Gallery, mudah dijangkau dari pusat kota Brisbane. Dari kawasan wisata belanja Queen Street Mall, tinggal menyeberang jembatan Victoria Bridge melintasi Brisbane River ke arah South Bank.

Setelah sampai di South Bank, tinggal ke sisi kanan jalan. Di belakang Queensland Museum & Science Center terdapat dua galeri tersebut yang menjadi lokasi APT8. Di sela hiruk pikuk aktivitas liburan ke Brisbane, melihat aneka karya seni APT 8 di dua galeri ini adalah sebuah intermezzo yang sempurna.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!