Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Sep 2016 19:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Kolam & Jejak Kaki Manusia Pertama di Dunia

Jejak kaki manusia pertama di Botswana (@grandslam1998/Youtube)
Gaborone - Konon benua Afrika menjadi asal dari lahirnya manusia di dunia. Di Botswana, ada sebuah kolam dengan jejak kaki yang dipercaya milik manusia pertama.

Legenda itu pun masih dipercaya oleh suku pemburu Matsieng di sisi tenggara Botswana. Dilansir detikTravel dari situs resmi Pemerintah Botswana, Rabu (7/9/2016) kepercayaan tersebut dibuktikan lewat petroglyphs berupa jejak kaki Matsieng di distrik Kgatleng.

Secara fisik, jejak dari manusia pertama itu adalah sebuah tapak kaki berukuran sedang yang disertai dengan tapak kaki binatang. Jejak itu pun ada di atas sebuah batu yang berdekatan dengan kolam air tawar.

Suku Matsueng percaya, bahwa jejak tersebut adalah milik manusia pertama yang memiliki wujud raksasa berkaki satu. Ada juga yang menyebutnya memiliki dua kaki. Raksasa itu pun digambarkan lahir dari sebuah lubang berisi air, diikuti oleh binatang dan orang-orangnya.

Kolam yang dipercaya sebagai situs penciptaan (Botswana Tourism)


Menurut peneliti, situs bersejarah tersebut diketahui memiliki umur antara 3.000 hingga 10.000 tahun. Oleh sebab itu, situs itu juga disebut sebagai lokasi penciptaan dalam cerita rakyat setempat.

Terlepas dari kebenarannya, situs tersebut memang telah dikunjungi oleh manusia sejak ribuan tahun silam. Lokasinya yang berada dekat kolam air tawar menjadi sumber air bagi masyarakat dan ternak.

Apabila tengah liburan ke Botswana dan ingin mampir, situs Matsieng dapat dicapai dengan berkendara 45 menit dari ibukota.

Sejak zaman dahulu kolamnya sudah menjadi sumber kehidupan (@grandslam1998/Youtube)
(rdy/wsw)
BERITA TERKAIT