Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Des 2016 07:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nyam... Enaknya Susu & Burger Unta

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Selamat mencoba, burger unta! (Afif/detikTravel)
Dubai - Wisata ke Dubai, jangan cuma belanja atau memotret lanskap kota yang penuh gedung pencakar langit. Yuk wisata kuliner, minum susu unta & makan daging unta.

Atas undangan Emirates, detikTravel melancong ke Dubai dalam acara 'Indonesia Media Fam Trip' bersama rombongan media dari Jakarta dari tanggal 20 sampai 23 November 2016 kemarin. Dari sekian banyak pengalaman di sana, satu yang tak terlupakan adalah menikmati wisata kuliner.

Selama perjalanan ke Dubai, deretan makanan ala Timur Tengah sudah dicoba. Namun yang paling spesial, apalagi kalau bukan mencicipi susu unta dan daging unta. Saya pun menuju ke Local House, salah satu rumah makan yang berada di kawasan Bastakiya, tak jauh dari Dubai Museum.

Dari luar saja, Local House pasti mencuri perhatian turis. Sebab terdapat tulisan, Camel Burger (burger unta) dengan satu patung unta. Bangunannya juga menarik, dengan arsitektur rumah khas Timur Tengah.

Tampak Local House dari luar (Afif/detikTravel)Tampak Local House dari luar (Afif/detikTravel)
Terdapat 3 jenis burger unta di sana yakni Cheese Burger, The House Burger, Special Burger, Chicken Burger, Vegitable Burger dan Egg Burger. Semua burgernya memakai daging unta, banderol harganya mulai dari AED 30 sampai 60 atau setara Rp 109 ribu sampai Rp 218 ribu.

Paling mahal adalah Special Burger yang memakai toping jamur, karamel, keju dan telur. Saya pun memesan yang itu, sekaligus minumannya Camel Milkshake seharga AED 33 atau setara Rp 120 ribu.

Tak butuh waktu lama, pesanan saya tiba di atas meja. Tercium menggoda dengan ukuran yang sangat besar. Tampak luar, seperti burger pada umumnya. Begitu melahap satu gigitan.... nyam, enak banget!

Burger unta pun datang (Afif/detikTravel)Burger unta pun datang (Afif/detikTravel)


Rasanya enak! (Afif/detikTravel)Rasanya enak! (Afif/detikTravel)
Rasanya seperti daging sapi, tapi begitu lembut dan tanpa lemak. Usut punya usut, bagian unta yang diambil dagingnya untuk dimasak yakni punggung, rusuk, dan pinggang. Sungguh lembut di mulut dan membuat indera pengecap lupa daratan.

Susu unta yang saya pesan, pun tak kalah nikmat. Rasanya mirip seperti susu kedelai tapi lebih pekat. Ada aroma khas yang tercium tapi tak mengurangi nafsu untuk meneguknya. Slrrpp... ah nikmat.

Susu unta (yang putih), belakangnya milkshake kurma (Afif/detikTravel)Susu unta (yang putih), belakangnya milkshake kurma (Afif/detikTravel)
Saya sedikit mengintip ke bagian dapur, melihat proses pembuatan burger unta ini. Ternyata, daging unta yang dimasak harus benar-benar well done (matang). Malah, sang koki menutup daging unta yang sedang dimasak agar tiap sudut dagingnya matang. Kalau tidak matang, tekstur dagingnya akan keras.

Koki yang sedang memasak daging unta, harus benar-benar matang! (Afif/detikTravel)Koki yang sedang memasak daging unta, harus benar-benar matang! (Afif/detikTravel)
Makan satu porsi burger unta dan minum susu untanya sudah bikin perut kenyang. Selain burger unta, masih ada menu kebab unta dan makanan berat seperti nasi dengan daging unta yang besar. Makin malam, Local House pun makin ramai didatangi turis.

Selamat menikmati, susu dan burger unta di Dubai! (aff/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA