Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Des 2016 19:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sadis & Brutal, Begini Gambaran Siksaan di Penjara Komunis Vietnam

Bona
Redaksi Travel
Ilustrasi penyiksaan di Penjara Phu Quoc, Vietnam (phuquocprison.org)
Ilustrasi penyiksaan di Penjara Phu Quoc, Vietnam (phuquocprison.org)
Hanoi - Vietnam terkenal akan keindahan Halong Bay. Tapi siapa sangka, negeri ini punya kisah penyiksaan sadis di daerah selatan, yaitu Penjara Phu Quoc. Ngeri...

Dilansir detikTravel dari laman resminya, Rabu (28/12/2016) Phu Quoc Prison atau Penjara Phu Quoc merupakan rumah tahanan yang dibangun oleh penjajah Prancis. Rutan ini berada di Pulau Phu Qouc, selatan Vietnam. Museum ini menjadi atraksi sendiri untuk para turis.

Phu Quoc Prison dijadikan monumen sejak tahun 1993. Traveler yang berkunjung ke sini bisa melihat langsung berbagai bentuk patung tentara dan tahanan yang menghiasi rutan.

Penjara ini dikhususkan untuk menahan orang-orang Vietnam atau disebut Coconut Tree Prison. Pada tahun 1967, pemerintahan Saigon membangun kembali penjara ini dengan luas 4 km persegi. Kemudian tempat ini dijadikan sebagai penjara perang untuk menahan para tentara komunis.

Bentuk rumah tahanan (phuquocprison.org)Foto: Bentuk rumah tahanan (phuquocprison.org)


Ada lebih dari 32.000 tahanan yang ada di Phu Quac. Namun saat-saat tertentu jumlah tahanan akan bertambah menjadi 40.000 dengan tambahan tahanan politik.

Penjara ini dijaga dengan ketat pada masa itu. Terbukti dengan penjagaan satu aparat untuk 2 orang tahanan. Lebih dari 4.000 aparat yang menyebar di sekitar penjara. Termasuk daerah pantai dan udara.

Penyiksaan tahanan yang dimasukan ke dalam karung untuk dibakar (phuquocprison.org)Foto: Penyiksaan tahanan yang dimasukan ke dalam karung untuk dibakar (phuquocprison.org)


Traveler akan dibuat terkejut dengan bentuk siksaan yang di terima oleh para tahanan. Patung tahanan yang di siksa dibuat sejelas mungkin. Traveler dijamin bergidik ngeri melihat kebrutalan yang diterima oleh para tahanan.

Tahanan bukan hanya dipukuli, tapi juga di masukkan ke dalam karung untuk dibakar hidup-hidup. Ada juga tahanan yang giginya dipatahkan dengan tongkat kayu. Sadis!

Siksaan lainnya adalah membuat para tahaan buta. Tahanan akan diikat terbaring di atas kursi panjang. Kemudian penjaga akan menggunakan lampu yang berintesitas tinggi yang diarahkan langsung ke mata tahanan. Sehingga menyebabkan kebutaan.

Tahanan yang dibuat buta dengan lampu (phuquocprison.org)Foto: Tahanan yang dibuat buta dengan lampu (phuquocprison.org)


Itu belum semua, ada juga Tiger Cage yang hanya seukuran panjang tubuh dan kawat duri di sekelilingnya. Kandang ini digunakan untuk mengurung tahanan.

Siksaan yang diberikan tidak serta merta atas kehendak penjaga, tapi dari level tahanan itu sendiri. Misalnya, Kalau seorang tahahan dinilai berbahaya dan sering melakukan aksi melarikan diri maka siksaan yang diterima pun semakin tinggi. Bahkan bisa berujung kepada kematian.

Tiger Cage untuk menyiksa tahanan (phuquocprison.org)Foto: Tiger Cage untuk menyiksa tahanan (phuquocprison.org)


Angka kematian di penjara ini sangatlah tinggi, sampai ribuan. Siapa juga yang tahan dengan siksaan seperti itu.

Setiap tahunnya, penjara ini dikunjungi oleh turis dari berbagai belahan dunia. Para mantan tahanan pun dikabarkan sering mengunjungi penjara ini. Kamu bisa melihat sisi lain dari Vietnam dengan mengunjungi Penjara Phu Qouc! (bnl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED