Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Mei 2017 07:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold Coast

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Menyusuri sungai naik kapal gratis di Brisbane (Fitraya/detikTravel)
Foto: Menyusuri sungai naik kapal gratis di Brisbane (Fitraya/detikTravel)
Brisbane - Liburan ke Brisbane dan Gold Coast di Australia tidak harus mahal. Ada berbagai aktivitas liburan seru dengan biaya terjangkau atau bahkan gratis yang bisa dinikmati.

Brisbane dan Gold Coast menawarkan aneka objek wisata menarik, dari alam yang hijau, kebun binatang, pantai dan lain sebagainya. Memang banyak tempat wisata yang berbayar, namun banyak juga yang harganya terjangkau serta gratis.

Untuk jalan-jalan di kedua destinasi populer di Australia itu, traveler bisa terbang naik Singapore Airlines ke Brisbane. Buat pilihan terbang ke Brisbane, Singapore Airlines menawarkan penerbangan nyaman 4 kali sehari dengan masing-masing 30 kursi di kelas Bisnis dan 255 kursi di kelas Ekonomi.

Nah, Brisbane ini juga merupakan gerbang untuk terbang ke destinasi lainnya di Australia, misalnya ke Cairns untuk menuju Great Barrier Reef, Sydney, Melbourne, Gladstone, Hobart, Townsville, Canberra, Adelaide, Perth dan Darwin. Destinasi ini dapat dicapai dengan code share Singapore Airlines, Virgin Australia.

Sedangkan untuk ke Gold Coast, traveler bisa terbang dulu ke Brisbane. Lalu dilanjut perjalanan 1 jam dari Brisbane ke Gold Coast naik bus atau mobil. Sampailah di Gold Coast dan tinggal siap-siap saja menikmati liburan seru yang nggak bikin kantong bolong di sana.

Informasi yang dihimpun detikTravel dari Tourism and Events Queensland, Jumat (5/begini cara liburan irit bujet di Brisbane dan Gold Coast:

Brisbane

1. Naik kapal ferry gratis
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Fitraya/detikTravel)
Mau menikmati keindahan sungai di Brisbane naik kapal secara cuma-cuma? Coba saja naik CityHopper. Kapal ferry yang beroperasi sejak 1 July 2012 lalu ini akan membawa traveler berlayar dari Sydney Street hingga North Quay.

Kapal beroperasi setiap 30 menit sekali sejak pagi pukul 06.00 hingga tengah malam waktu setempat. Wisatawan tinggal pilih saja ingin berlayar pada pagi, siang atau malam hari. Asyik ya!

2. Tur jalan kaki gratis
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Fitraya/detikTravel)
Brisbane memang tak tanggung-tanggung memanjakan turis. Selain gratis naik kapal, ada juga tur jalan kaki gratis yang diadakan Brisbane Greeters. Sambil jalan-jalan, ada pemandu yang akan menemani.

Sang pemandu akan menceritakan tentang berbagai kisah seru terkait kota ini. Sambil mendengarkan pemandu bercerita, tak lupa juga traveler bisa berfoto di berbagai sudut yang instagenic.

3. Keliling naik sepeda
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Pilihan lain keliling kota yang irit adalah naik sepeda. Kamu bisa menyewa sepeda dari CityCycle untuk eksplor Brisbane. Tersedia 2.000 sepeda di 150 titik di berbagai sudut kota. Untuk harganya, mulai dari AUD 2 (Rp 20 ribu) untuk akses 24 jam.

CityCycle ini menjadi pilihan transportasi yang cepat, terjangkau dan mengasyikkan. Tentunya juga sebagai alternatif perjalanan singkat dengan mobil, transportasi umum atau berjalan kaki.

4. Wisata kuliner di EatStreet Markets
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
EatStreet Markets bisa dibilang sebagai pasar kuliner terbesar di Brisbane, di mana banyak sekali jejeran kontainer dengan aneka makanan di sana. Sambil menikmati jajanan, biasanya ada pula penampilan live music yang menghibur pengunjung.

EatStreet Markets buka setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 16.00 hingga 22.00 waktu setempat. Dan hari Minggu pukul 11.00 hingga 19.00 malam.

5. Menikmati pagi di Southbank
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Bersantai di pagi hari sebelum lanjut jelajah Brisbane, asyiknya mampir ke Southbank. Kamu bisa berenang di Streets Beach.

Nah, Streets Beach itu merupakan satu-satunya pantai buatan di Australia yang ada di tengah kota. Usai berenang kamu bisa lanjut nongkrong di kafe sambil minum kopi dan menikmati pemandangan sekitar yang cantik.

Gold Coast

1. Melihat Gold Coast dari ketinggian di Q1 Building
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Gold Cost merupakan kota pesisir dengan pemandangan pantai yang memanjakan mata. Selain bisa menikmati segarnya main di pantai langsung, melihat pemandangan garis pantai yang panjang dari ketinggian juga menarik dicoba saat liburan ke sana.

Kamu bisa datang ke SkyPoint Observation Deck di lantai 77, Q1 Building, Surfers Paradise. Dengan biaya AUD 14, kamu dapat melihat pemandangan pesisir Gold Coast yang menakjubkan di salah satu sisi, dan gedung-gedung pencakar langit di sisi lainnya.

2. Memberi makan burung pelikan
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Aktivitas memberi makan burung pelikan diadakan setiap hari pukul 13.30 di Restoran Charis Seafood. Alamatnya di 371 Marine Parade, Labrador QLD 4215. Ini bisa disaksikan traveler tanpa biaya tambahan.

Sebaiknya datang lebih awal agar mendapat pengalaman maksimal. Ambil sekeranjang seafood atau tiram segar dari Charis Seafood. Kemudian saksikan burung pelikan mulai berkumpul sebelum waktu memberi makan dimulai. Seru!

3. Jalan-jalan naik bus wisata
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Buat turis yang mau keliling Gold Coast, disarankan naik bus wisata dan trem dengan kartu G:Link GoExplore. Dengan membayar AUD 10 kamu mendapat akses tak terbatas untuk naik G:Link trem dan bus.

G:Link menghubungkan 16 stasiun mulai dari Surfers Paradise yang populer hingga Broadbeach, di mana kamu bisa hang out bareng warga lokal yang ramah. Manfaatkanlah penggunaan kartu dengan maksimal, misalnya untuk ke taman rekreasi atau sekadar bus dan trem hopping keliling kota.

4. Belanja murah di Harbour Town Outlet Mall
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Liburan di Gold Coast tak lengkap tanpa belanja. Buat yang mau belanja dengan harga bersahabat, coba saja datang ke Harbour Town. Ada lebih dari 220 toko yang menjual aneka barang dari brand Australia maupun internasional.

Barang-barang seperti pakaian banyak yang didiskon. Jadi kamu bisa mendapat lebih banyak barang dengan harga terjangkau.

Tidak usah takut belanja terlalu banyak, karena jika pulang dengan Singapore Airlines mereka memberikan jatah bagasi 30 kg untuk kelas ekonomi dan 40 kg untuk kelas bisnis.

5. Mengintip pasar lokal Gold Coast
Cara Liburan Murah di Brisbane & Gold CoastFoto: (Tourism and Events Queensland)
Sebelum mengakhiri liburan di Gold Coast, mampir dulu ke pasar lokalnya. Kerajinan tangan, pakaian, bahan makanan dan lain sebagainya bisa dibeli di pasar. Semuanya gratis dikunjungi dan biasanya banyak pedagang yang memberikan sampel gratis. Harga jualnya bahkan bisa ditawar lho.

Dari sekian banyak pasar di Gold Coast, paling tidak ada tiga yang jadi favorit. Yang pertama ada Miami Marketta yang buka setiap Jumat dan Sabtu. Pasar itu menjual street food, wine dan beer dengan hiburan live music.

Kemudian ada NightQuarter yang juga buka setiap Jumat dan Sabtu. Inilah pasar kuliner di mana kamu bisa merasakan pengalaman 'eat like a local'. Pasar ini juga disebut-sebut sebagai creative playground terbesar di Gold Coast.

Satu lagi, ada Surfers Paradise Beachfront Markets. Kamu dapat mengunjunginya setiap Rabu, Jumat dan Minggu malam di pinggir pantai. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Serasa Melayang di Atas Air

Sabtu, 21 Okt 2017 11:40 WIB

Bermain kayak, biasanya dilakukan di sebuah danau yang biasa-biasa saja. Namun kalau kayaknya bening dan airnya jernih, serasa sedang melayang saja!