Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Mei 2017 19:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lihat Kanguru Selfie & Naik Kereta Gantung Tertinggi, Wow Banget!

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Kereta gantung Scenic Skyway (Fitraya/detikTravel)
Kereta gantung Scenic Skyway (Fitraya/detikTravel)
Katoomba - Katoomba di Blue Mountains, Australia punya kereta gantung tertinggi di Negeri Kanguru. Hutannya juga punya kejutan, seperti penampakan 'kanguru' selfie!

detikTravel dalam undangan Golden Rama Tours & Travel dan Destination NSW menjelajah Katoomba di Blue Mountains, Selasa (18/4/2017). Blue Mountains adalah taman nasional dengan banyak destinasi sekaligus.

Formasi batu tebing Three Sisters adalah daya tarik utama. Namun masih ada lagi Scenic World, destinasi yang menawarkan kereta tambang, 2 kereta gantung dan treking hutan yang seru di Lembah Jamison.

"Ini dulunya kawasan tambang batu bara. Setelah aktivitas pertambangan selesai, berubah menjadi destinasi wisata. Atraksi awalnya hanya berupa kereta tambang, namun kini ada 2 kereta gantung," kata Sandra, pemandu kami dari Scenic World.

Kereta tambang Scenic Railway (Fitraya/detikTravel)Kereta tambang Scenic Railway (Fitraya/detikTravel)

Kereta tambang ini disebut Scenic Railway yang rutenya dari atas tebing, turun ke Lembah Jamison dengan rel miring 52 derajat. Ini adalah rel kereta paling miring sedunia!

Tidak lama mengantre, Scenic Railway berwarna merah yang kami naiki meluncur turun sepanjang 415 meter. Darah berdesir seperti naik roller coaster, tapi para wisatawan malah senang dan berteriak ramai-ramai. Seru juga!

Di bawah sudah menunggu wahana kedua yaitu Scenic Walkway. Ini adalah jalur treking melihat bekas tambang batubara dan tentunya hutan Blue Mountains. Jika beruntung, kita bisa melihat hewan liar seperti burung Currawong (Strepera graculina) yang asli Australia dan mirip gagak. Ada rute treking singkat 10 menit, sampai rute 1 jam. Kami memilih rute panjang karena ada pertunjukan spesial.

"Kami mengadakan pameran seni di tengah hutan, namanya Sculpture at Scenic World dari tanggal 7 April sampai 7 Mei 2017. Ada 35 karya seni yang tersebar di hutan dan itu sangat menarik," kata Sandra.

Patung kanguru selfie yang lucu (Fitraya/detikTravel)Patung kanguru selfie yang lucu (Fitraya/detikTravel)


Wow, memindahkan benda seni instalasi dari galeri ke tengah hutan. Boleh juga idenya. Para senimannya sungguh kreatif. Ada jalinan benang seperti jejeran kain tenun yang belum jadi, dari pohon ke pohon diberi judul Green Screen karya Elin dan Keino.

Ada lagi bola-bola kaca digantung di pepohonan berjudul Illusion karya Kayo Yokoyama. Kemudian ada baling-baling dipasang di pohon dengan judul Foreign Body karya Christopher Trotter.

Instalasi seni ini juga bisa warna-warni seperti Corridor of Tents karya Georgina Humphries. Tapi yang paling lucu sekaligus mengagetkan adalah patung kanguru selfie berjudul Roo With a Selfie Stick karya Jimmy Rix yang meledek kebiasaan orang yang selfie dimana-mana.

"Kami memastikan agar instalasi ini tidak merusak pepohonan yang ada," kata Sandra.

Kereta gantung Scenic Cableway (Fitraya/detikTravel)Kereta gantung Scenic Cableway (Fitraya/detikTravel) Foto: Fitraya Ramadhanny


Di ujung jalur treking adalah stasiun kereta gantung yang di sini disebut Scenic Cableway. Kereta gantung ini membawa kami naik kembali dari dasar lembah sampai puncak tebing sejauh 545 meter.

Ini adalah kereta gantung terbesar di Australia dengan kapasitas 84 orang. Dalam perjalanan naik, kita bisa melihat Lembah Jamison dan tentunya tebing Three Sister di kejauhan.

Setibanya di atas, kami langsung naik wahana terakhir yaitu Scenic Skyway. Ini adalah kereta gantung horizontal yang mengantar kita dari tebing ke tebing. Kereta gantung ini dipasang di ketinggian 270 meter dan merupakan kereta gantung tertinggi di Australia. Wow!

Di tengah perjalanan, kita bisa melihat Air Terjun Katoomba yang indah. Tercuram, terbesar dan tertinggi. 3 Wahana di Scenic World memang luar biasa.

Sebelum pulang, wisatawan mampir ke toko suvenir yang terletak menuju ke arah pintu keluar. Harga tiket untuk 4 wahana ini adalah AUD 39 (Rp 384 ribu) untuk dewasa dan AUD 21 (Rp 207 ribu) untuk anak-anak.

Toko suvenir (Fitraya/detikTravel)Toko suvenir (Fitraya/detikTravel)
(fay/msl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Serasa Melayang di Atas Air

Sabtu, 21 Okt 2017 11:40 WIB

Bermain kayak, biasanya dilakukan di sebuah danau yang biasa-biasa saja. Namun kalau kayaknya bening dan airnya jernih, serasa sedang melayang saja!