Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jul 2017 08:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Terlarang Bagi Wanita Itu Akhirnya Jadi Warisan Dunia

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Pulau Okinoshima (okinoshima-heritage.jp)
Pulau Okinoshima (okinoshima-heritage.jp)
Okinoshima - Pulau Okinoshima di Jepang begitu dikeramatkan dan terlarang bagi perempuan. Walau penuh pro kontra, akhirnya pulau itu jadi situs Warisan Dunia.

Berlokasi di Prefektur Fukuoka, Pulau Okinoshima memang begitu tertutup bagi kaum hawa. Dilansir detikTravel dari situs resminya, Senin (10/7/2017) larangan gender itu pun sudah disampaikan secara turun temurun layaknya cerita rakyat.

BACA JUGA: Bikini Punya Hari Khusus di Jepang

Dipercaya, kalau seorang perempuan bisa berubah menjadi batu apabila mendekati Kuil Munakata Taisha Okitsumiya yang sudah ada sejak abad ke-17. Namun bagi kaum pria yang ingin mendekati situs tersebut, harus terlebih dulu menanggalkan pakaiannya dan disucikan lebih dulu dengan upacara formal.

Kuil di Pulau Okinoshima (okinoshima-heritage.jp)Kuil di Pulau Okinoshima (okinoshima-heritage.jp)


Yang lebih sakralnya lagi, Pulau Okinoshima hanya boleh dikunjungi sekali setahun. Tepatnya setiap 27 Mei saja, untuk mengenang prajurit Jepang yang meninggal pada perang di Laut Jepang di tahun 1905.

BACA JUGA: Jepang Punya Aneka Vending Machine yang Menggemaskan

Namun walau tertutup dan khusus pria Shinto saja, Okinoshima telah diajukan sebagai Situs Warisan Dunia ke UNESCO. Kabar terakhir, pulau keramat itu akhirnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO seperti diberitakan oleh BBC.

Untuk menjaga kesakralan Pulau Okinoshima, jumlah pengunjung dibatasi hanya 200 orang dengan kewajiban melakukan ritual pembersihan diri di laut. Itu pun hanya boleh setiap 27 Mei saja. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED