Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Agu 2017 16:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hari Pramuka, Yuk Lihat Baden Powell House

Syanti Mustika
detikTravel
Patung BP di BP House (Minh Hiep Nguyen/ Facebook)
Patung BP di BP House (Minh Hiep Nguyen/ Facebook)
Jakarta - Hari Pramuka Indonesia jatuh pada tanggal 14 Agustus. Yuk mengenang lahirnya Pramuka sambil melihat lagi seperti apa Baden Powell House di London, Inggris.

Salam Pramuka! Selamat Hari Pramuka Indonesia. Tepat pada tanggal 14 Agustus 2017, para anggota Pramuka di Indonesia merayakan hari jadi Pramuka yang ke-56.

Di umur yang ke-56 ini, mari kita kenang kembali sejarah berawal lahirnya gerakan Pramuka. Pramuka pertama kali diperkenalkan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell atau dikenal dengan Baden Powell (BP).

Dikumpul detikTravel dari berbagai sumber, Senin (14/8/2017), terdapat sebuah gedung yang didekasikan untuk pencetus gerakan Pramuka dunia, Baden Powell. Gedung ini bernama Baden Powell House yang dikelola oleh The Scout Association.

 Ruang Konferensi di dalam BP House (Baden Powell House and Gilwell Park Conference Centres/Facebook) Ruang Konferensi di dalam BP House (Baden Powell House and Gilwell Park Conference Centres/Facebook)
Baden Powell House berada di South Kensington, London. Bangunan ini juga disebut BP House, yang merupakan penginapan Pramuka dan pusat konferensi yang bisa digunakan siapa saja, terutama para anggota Pramuka. Selain untuk kegiatan Pramuka, gedung ini juga disewakan untuk kegiatan selain Pramuka.

Gedung ini juga memiliki patung granit Baden Powell yang dipahat oleh Don Potter. Serta di dinding luar juga ada lambang WOSM (Pandu Dunia). BP House memiliki 180 tempat tidur dan 8 ruangan konferensi di lantai atasnya.

Bangunan bergaya modern ini tidak hanya dijadikan pusat kegiatan Pramuka, namun juga memiliki koleksi-koleksi dari Baden Powell. Traveler bisa melihat lukisan, surat-surat, serta properti pramuka yang dipamerkan dalam pameran The Story of Baden Powell.

Dulunya, BP House juga memiliki memorabilia dari BP, namun sekarang sudah dipindah ke markas besar Pramuka di Inggris, di Taman Gilwell.

BP House selalu ramai dikunjungi para turis, karena letaknya yang strategis. BP House berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti Natural History Museum, Science Museum, Royal Albert Hall, Victoria and Albert Museum. Traveler jika ingin menginap di gedung ini bisa kok, karena penginapan juga memiliki sistem hostel. Tetapi dengan syarat, traveler harus anggota Pramuka.

 Denah ruangan penginapan BP House (Baden-Powell House & Gilwell Park Conference Centres / Facebook Denah ruangan penginapan BP House (Baden-Powell House & Gilwell Park Conference Centres / Facebook)
(sym/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA