Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Agu 2017 23:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kapel Berisi 40.000 Tulang Manusia

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (BBC/sedlecossuary.com)
Foto: (BBC/sedlecossuary.com)
Kutna Hora - Apa jadinya bila kapel dihiasi dengan 40.000 tulang belulang manusia? Ini sungguhan ada di Eropa sana.

Diintip detikTravel dari situs resminya, Minggu (27/8/2017) kapel ini bernama Sedlec Ossuary, atau lebih dikenal dengan The Bone Church. Kapel ini berada di jalan starosedlecka, Kutna Hora, Republik Ceko.

Kapel ini bukanlah kapel yang besar, mewah, dan berada di pusat kota. Namun yang membuat kapel ini berbeda, adalah dihiasi oleh tulang belulang 40.000 manusia!

Konon menurut cerita, pada abad ke-13 Abbas henry, seorang biara di ssana membawa sekendi tanah dari gereja suci Golgota, Yerusalem tempat Yesus disalib. Kemudian dia menaburkan 'tanah suci' tersebut di sepanjang pemakaman Sedlec, dan mendeklarasikan bahwa tempatnya ini sebagai tempat suci.

Kapel Berisi 40.000 Tulang ManusiaHampir seluruh ornamen yang berada di gereja dibaluti tulang belulang manusia (Michal Cizek/BBC Travel)


Sejak itulah, semua orang berbondong-bondong ingin dimakamkan di sini. Masyarakat rela membawa jasad dan tulang-belulang sanak saudaranya untuk dimakamkan di Sedlec Ossuary. Bahkan masyarakat juga memesan sebuah lahan supaya kelak jika dia mati dikuburkan di Sedlec Ossuary. Dalam waktu singkat, lahan Sedlec Ossuary pun penuh, bahkan banyak mayat dan tulang belulang ditumpuk-tumpuk dan disusun di bawah tanahnya.

Pada tahun 1870, Frantisek Rindt, seorang pemahat kayu ditugaskan untuk mengatur bagaimana tulang belulang ini tersusun rapi dan artistik di dalam kapel Sedlec Ossuary. Dia menyusun kepala manusia di dekat pintu masuk gereja, hingga lampu-lampu yang dihiasi dengan tulang pinggul dan tulang paha

Hasil kerjanya menyusun 40.000 tulang manusia ini dapat kita saksikan langsung di Sedlec Ossuary. Bila traveler tertarik dan penasaran ingin berkunjung datang saja langsung ke kutna Hora, pinggiran kota yang berjarak sekitar 70 Km dari Kota Praha. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED