Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Okt 2017 12:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mungkin Ini Wisata Kuliner Tahu Paling Mahal di Tokyo ​

Rois Jajeli
Redaksi Travel
Foto: (Rois/detikTravel)
Foto: (Rois/detikTravel)
Tokyo - Tahu adalah jajajan wisata kuliner yang murah meriah di Asia. Tapi di Tokyo, Jepang, wisata kuliner tahu bisa jadi sesuatu yang mewah dan mahal banget!

Ada salah satu restoran di Kota Tokyo, Jepang, yang pengunjungnya bukan orang sembarangan. Tempatnya ekslusif dekat dengan Menara Tokyo. Restoran tersebut yakni, Tokyo Shiba Tofuya Ukai.

"Tidak sembarangan orang bisa makan di sini," ujar Liana Widjaja, pemandu wisata di Jepang kepada detikTravel.

Restoran tersebut dekat dengan Menara Tokyo. Ketika kita sampai di depan area restoran, sudah disambut dua orang pria bertopi Fedora.

Tamu disambut oleh pelayan yang cantik (Rois/detikTravel)Tamu disambut oleh pelayan yang cantik (Rois/detikTravel)

Setelah masuk pintu gerbang, traveler berjalan menyusuri jalan di area taman restoran, taman ala nuansa Jepang tempo dulu. Sampai di depan gedung utama restoran, pengunjung disambut pelayan restoran perempuan yang menggunakan kimono.

Malam itu, cuaca di Tokyo hujan rintik-rintik. Pengunjung yang datang dengan berpayung, langsung disambut ramah pelayan. Payung tersebut pun diambilnya dan dilipat. Kemudian mereka mempersilakan tamu wisatawan untuk masuk ke ruang restoran.

"Suasananya memang tradisional. Bagi orang yang ingin menikmati di restoran ini, bukan hanya mulut saja, tapi juga mata," kata Lina, warga Indonesia yang sudah 15 tahun tinggal di Negeri Sakura ini.

Lina menerangkan, jarang sekali orang-orang Jepang makan di restoran ini. Karena harganya cukup mahal yakni sekitar 15 ribu Yen, atau dikurskan ke rupiah sekitar Rp 1,5 juta lebih per orang.

 Kuliner khas Jepang (Rois/detikTravel) Kuliner khas Jepang (Rois/detikTravel)


"Kalau makan siang untuk 4 orang di sini (restoran) sekitar Rp 5 juta. Kalau untuk dinner (makan malam), harganya bisa dua kali lipat," tuturnya.

Ia menambahkan, jarang orang Jepang makan di restoran ini. Tapi, restoran ini bisa digunakan untuk menjamu tamu atau menghibur tamu atau rekanan bisnisnya.

"Restoran ini bisa digunakan untuk entertaint," terangnya.

Menu makanannya juga beragam. Ada 8 menu makanan yang disajikan dalam paket dinner. Pertama, pengunjung akan ditawari minumnya terlebih dahulu. Kemudian, makanan yang pertama kali disajikan adalah Simmered pikeconger with matsutake mushroom dan yuba, Mackarel brulle sushi, Salmon roe on amitake mushroom, Simmered shrimp coated with salted mullet roe.

 Pengunjung menikmati makan di restoran (Rois/detikTravel) Pengunjung menikmati makan di restoran (Rois/detikTravel)
Kedua, deep fried tofu with miso. Ketiga, today's sashimi. Keempat, deep fried taro, crab sauce dan maitake mushroom tempura. Kelima, tofu in seasoned saymilk served warm. Keenam, grilled butterfish with yuzu-miso. Ketujuh, steamed rice with matsutake mushroom. Terakhir, grapes ini white wine gelle adzuki bean mochi warpped ini wheat gluten.

"Restoran ini akan membuat orang, ibaratnya akan terkesan seumur hidup setelah mengunjungi restoran ini," jelasnya.

Sementara itu, Edu Krisna, salah satu pengunjung dari Indonesia ini pun terkesan dengan pelayanan hingga harga yang dipatok restoran Tokyo Shiba Tofuya Ukai.

"Wow, mahal banget. Padahal, tofu seperti tahu yang biasa menjadi makanan orang-orang di Indonesia, murah dan bergizi," ujarnya.
Menu penutup di restoran Tokyo Shiba Tofuya Ukai (Rois/detikTravel)Menu penutup di restoran Tokyo Shiba Tofuya Ukai (Rois/detikTravel)
(roi/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED