Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Apr 2018 21:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gereja Muncul ke Permukaan Air, Dulunya Saksi Wabah Mematikan

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Temple of Santiago di Meksiko (BBC Travel)
Temple of Santiago di Meksiko (BBC Travel)
Chiapas - Meksiko memiliki gereja yang muncul ke permukaan air. Kok bisa ya? Apa cerita dibaliknya?

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (11/4/2018), setelah ditenggelamkan pada tahun 1966, gereja di Meksiko yang berumur 400 tahun ini muncul ke permukaan. Sejumlah turis yang penasaran pun datang ke lokasi gereja tersebut.

Gereja itu dikenal dengan nama Temple of Santiago. Temple of Santiago muncul kembali ke permukaan setelah tenggelam selama berpuluh-puluh tahun.

Sejarahnya, Temple of Santiago yang berlokasi di Chiapas dibangun pertama kali oleh biarawan bernama Bartolome de las Casas pada abad ke-16. Di Temple of Santiago itu juga, Bartolome yang menjadi uskup pertama Chiapas membuat berbagai kebijakan seperti menghapus perbudakan dan lainnya.

Namun pada 1770, area sekitar Temple of Santiago mendadak dijangkiti oleh penyakit menular yang mematikan. Tidak diketahui pasti apa penyakitnya, namun banyak penduduk yang meninggalkan area tersebut dan tidak kembali lagi.

"Es como una especie de cuento borgiano. ¡La iglesia en medio del agua!," describe Marcelino Champo (@marcelino_champo), escritor, editor y fotógrafo de Chiapas, sureste de México. Como una aparición surrealista, las ruinas de un templo católico emergieron del río Grijalva, situado en la misma región. "Al llegar, me sorprendió muchísimo. Me recordó mucho a estas fotografías de Gabriel Figueroa (cinematógrafo mexicano) y me recordó a estos paisajes raros y remotos de México," cuenta. La iglesia de Quechula estaba sumergida desde 1966, cuando se terminó la construcción de la presa Nezahualcóyotl. La sequía de 2015 provocó que los niveles del agua bajaran considerablemente, haciendo visible de nuevo esta edificación del siglo XVI a la que se llega en lancha. "Yo quería visitarlo porque hace mucho había visto unas fotografías sobre ese lugar pero sabía que era muy difícil encontrarlo hasta este nivel," comenta Marcelino. "Sí es bastante imponente, es como algo mítico. Además, el paisaje es muy bello," añade. Foto de @igerarfi Para conocer más sobre esta ubicación toca el texto azul encima de la imagen.

A post shared by Instagram en Español (@instagrames) on Feb 6, 2016 at 8:37am PST



Pada tahun 1966, sebuah waduk dibangun di lokasi berdirinya Temple of Santiago yang bersejarah itu. Otomatis keseluruhan Gereja Temple of Santiago beserta daerah di sekitarnya ditenggelamkan.

Pada tahun 2002 lampau, gereja tersebut sempat kembali muncul ke permukaan akibat kemarau yang berkepanjangan. Pada saat itu gereja tampak secara keseluruhan. Turis pun bisa berjalan kaki dan melihatnya.

BACA JUGA: Gua Bawah Tanah Terpanjang di Dunia Ada di Meksiko

Berbeda dengan kejadian di tahun 2002, pada tahun 2015 lalu Temple of Santiago kembali muncul setengah ke permukaan. Traveler yang mau berkunjung harus menyewa kapal boat penduduk sekitar, karena air tidak sepenuhnya surut.

Entah sampai kapan gereja tersebut muncul ke permukaan. Namun jika tengah liburan ke Meksiko, mungkin tidak ada salahnya mampir ke Kota Chiapas untuk melihat Temple of Santiago yang sarat sejarah itu.

BACA JUGA: Pelat Mobil Termahal di Dunia Harganya Rp 281 Miliar!


(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!