Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Mei 2018 16:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Paling Lama, Waktu Puasa di Negara Ini Sampai 20 Jam

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Ilustrasi umat Islam di Islandia (dok Muslim Association of Iceland)
Ilustrasi umat Islam di Islandia (dok Muslim Association of Iceland)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Reykjavik - Umat Muslim di seluruh dunia telah merayakan puasa hari ini. Namun untuk durasi lama puasa, negara ini adalah yang paling lama.

Situs media Al Arabiya baru saja merilis infografik terbaru tentang lama waktu puasa di sejumlah negara dunia. Dihimpun detikTravel, Kamis (17/5/2018), Islandia menjadi negara dengan waktu puasa terlama di tahun 2018.

Karena posisinya yang berada di ujung Utara bumi, waktu puasa di Islandia diketahui mencapai 20 jam dan 13 menit. Hal itu diketahui terjadi karena kemiringan sumbu rotasi bumi dalam mengitari matahari.

BACA JUGA: Ramadan di Bandara Soekarno Hatta: Takjil Gratis Sampai Bazar

Oleh sebab itu sejumlah negara di belahan bumi utara, khususnya negara yang memiliki musim dingin pada bulan-bulan tertentu akan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Begitu juga sebaliknya.

Secara teknis, umat Muslim di Islandia hanya memiliki waktu sekitar 4 jam untuk untuk buka puasa, salat tarawih dan sahur. Lain halnya dengan Indonesia yang memiliki lama waktu puasa selama 13 jam dan 12 menit per harinya.

Fakta lain, Islandia merupakan sebuah negara yang sekular. Bahkan Islandia juga masuk dalam 10 besar negara penganut atheist terbesar di dunia. Sedangkan umat Islam yang ada di sana hanya sekitar 0,3% dari total populasi berdasarkan data 1 Januari 2017. (sna/aff)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED