Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jun 2018 12:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fakta-fakta Gunung Pelangi di China yang Disebut dalam Al Quran

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Gunung Pelangi di China yang disebut dalam Al Quran (Wahyu/detikTravel)
Foto: Gunung Pelangi di China yang disebut dalam Al Quran (Wahyu/detikTravel)
Zhangye - Di China, ada Gunung Pelangi yang disebutkan di dalam Al Quran Surat Al Fathir ayat 27. Ini beberapa fakta yang perlu kamu tahu soal gunung ajaib ini.

Rainbow Mountain alias Gunung Pelangi, itulah keajaiban alam yang berada di dalam wilayah Zhangye-Danxia Geological Park. Bukan sembarang gunung, sesuai dengan namanya gunung ini punya garis-garis berwarna-warni yang serupa pelangi.

BACA JUGA: Masya Allah! Inilah Gunung Pelangi yang Disebutkan dalam Al Quran

Gunung Pelangi ini memang ajaib, bahkan gunung ini disebut dalam Al Quran Surat Al Fathir ayat 27:

"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat." [QS: Al Fathir [35]: 27]

Menurut penjelasan Aming, pemandu yang menemani kami, berikut ini fakta-fakta dari Gunung Pelangi yang kamu perlu tahu:

1. Dahulu adalah laut

Bentuk lanskap yang bergunung-gunung di Zhangye-Danxia seperti yang kita lihat sekarang, ternyata dulunya adalah laut. Usianya diperkirakan sudah mencapai jutaan tahun.

"6 Juta tahun yang lalu, dataran ini berupa laut. Lama-lama, air turun, datarannya naik. Jadi permukaan yang kita lihat sekarang adalah dasar laut," jelas Aming.

2. Terbentuk akibat letusan gunung berapi

Lapisan tanah yang berwarna-warni di gunung ini diperkirakan terbentuk dari letusan gunung berapi bawah laut yang sudah terjadi jutaan tahun silam. Letusan ini tak hanya berlangsung sekali, tetapi berkali-kali.

"1 juta tahun yang lalu, ada letusan gunung berapi. Zat-zat di dalam bumi keluar semua. Ada kalsium, besi, tembaga," imbuh Aming.

(Wahyu/detikTravel)Foto: (Wahyu/detikTravel)


3. Tiap warna garis gunung mengandung logam dan mineral

Setiap letusan gunung berapi, membawa material logam dan mineral yang berbeda-beda. Ada material tanah yang mengandung kalsium, sulfur, besi, dan juga tembaga.

"Gunung berapi meletus, di dalamnya zat besi keluar. Besi berkarat jadi warna merah. Meletus lagi, zat tembaga keluar, warna jadi hijau. Meletus lagi, lalu campur-campur jadi hitam. Makanya jadi warna-warni," terang Aming.

4. Ditemukan secara tidak sengaja

Kecantikan Gunung Pelangi China ini ditemukan secara tidak sengaja oleh warga setempat. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, awalnya ada orang yang berjalan-jalan ke area gunung ini kemudian menemukan pemandangan cantik sekali.

Nama Gunung Pelangi baru mulai naik daun di awal tahun 2000-an. Fotonya yang cantik pun banyak beredar sehingga mengundang orang untuk datang ke sini.

Fakta-fakta Gunung Pelangi di China yang Disebut dalam Al QuranFoto: (Wahyu/detikTravel)


5. Dulu gratis, sekarang bayar

Sebelum terkenal seperti sekarang, untuk masuk ke area Gunung Pelangi, traveler tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun sekarang, kawasan Gunung Pelangi sudah dikelola jadi objek wisata yang sangat bagus dan tertata rapi.

Per orang, traveler harus membayar sekitar 95 Yuan atau setara Rp 200 ribuan (75 Yuan untuk tiket masuk, sisanya 25 Yuan digunakan untuk naik bus keliling wilayah Zhangye Danxia Scenic Spot).

6. Ditetapkan sebagai World Heritage List UNESCO

Akhirnya, Zhangye Danxia Scenic Spot ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage pada tahun 2010. Kini, wisatawan dari berbagai penjuru China maupun turis mancanegara datang berkunjung ke sini.

BACA JUGA: Foto: Gunung Pelangi di China yang Disebut Dalam Al Quran (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED