Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Sep 2018 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Life Hacks Menakjubkan dari Sederhananya Warga India

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Dabbawallah, kurir makanan di Mumbai, India (Paul Quayle/Alamy/BBC Travel)
Dabbawallah, kurir makanan di Mumbai, India (Paul Quayle/Alamy/BBC Travel)
New Delhi - Keterbatasan akan bikin kita hidup lebih kreatif. Begitulah kira-kira ungkapan yang cocok di India. Ada banyak 'life hacks' yang bisa ditiru wisatawan.

Melansir BBC Travel, Kamis (20/9/2018), musim panas di New Delhi, India, bisa sangat panas dengan suhu hingga 47 derajat celcius. Lalu muncullah 'snowbreeze', sebuah mesin pendingin berbasis es yang diciptakan oleh seorang jurnalis India yang sudah pensiun untuk membantu penduduk miskin pedesaan India agar mendapat aliran angin sejuk.

Snowbreeze adalah contoh utama dari jenis inovasi hemat atau cara mengakali sesuatu dengan kreatif dan lebih ekonomis. Tak hanya itu, di pedesaan India ada truk reyot yang menyalakan listrik lalu dialirkan ke seluruh penduduk desa atau antena TV darurat yang dibuat dari gantungan baju.

Ada pula kendaraan bak terbuka yang dicat sangat norak di negara itu, biasa disebut jugaad. Kadang-kadang kendaraan itu membawa 20 orang bermesin pompa air. Jugaad dalam bahasa India bermakna jamak tergantung keadaan atau biasa disebut Life Hacks atau trik sederhana.

Suara yang dikeluarkan amat berisik. Suku cadangnya adalah tambalan, seperti potongan sepeda motor tua hingga papan kayu. Seadanya!

<i>Life Hacks</i> Menakjubkan dari Sederhananya Warga IndiaJugaad dalam bahasa India bermakna jamak tergantung keadaan atau biasa disebut Life Hacks (Simon Reddy/Alamy/BBC Travel)


Jika traveler ke kota dan berpapasan dengan seorang mempunyai tatakan kepala berwarna putih membawa barang di atas kepala, ialah dabbawallah. Barang yang ia bawa adalah kotak baja yang di dalamnya terdapat makan siang dan teh bagi 200.000 pekerja kantor kota.

Dabwallah dengan aman melalui kekacauan jalan-jalan Mumbai setiap hari untuk mengantarkan makanannya itu. Tingkat kesalahan pengantaran mereka adalah satu banding 16 juta, dan tidak heran jika perusahan ekspedisi FedEx sampai belajar ke mereka untuk mengetahui rahasia fenomenal itu.

<i>Life Hacks</i> Menakjubkan dari Sederhananya Warga IndiaAngkutan pedesaan India (Barcroft Media/Getty Images/BBC Travel)


Dalam beberapa tahun terakhir, para pakar manajemen menyarankan bisnis barat meniru kebiasaan warga India ini menyikapi masa ekonomi yang sulit. Di Twitter #jugaadnation menjadi kebanggaan orang-orang India karena trik sederhanya menggunakan setrika sebagai alat memanggang daging atau layar laptop digunakan pula sebagai cermin cukur.

"Orang India memiliki tradisi improvisasi untuk segera menemukan solusi dari setiap masalah," kata pengusaha yang berbasis di Chennai, Kannan Lakshminarayan.

Perusahaan Lakshminarayan, Vortex Engineering Private Limited, mengembangkan ATM Gramateller, mesin ATM tunai yang menggunakan listrik yang setara dengan bola lampu 70 watt. Dikembangkan menggunakan anggaran terbatas, ATM ini dilengkapi sidik jari untuk pengguna yang buta huruf dan baterai cadangan yang berguna ketika listrik padam.

ATM ini amat terjangkau pembuatannya. Hal itu terbukti pengaplikasiannya sangat diperlukan untuk masyarakat pedesaan, di mana mesin terdekat bisa ratusan kilometer jauhnya.

Di sebuah negara di mana menurut Bank Dunia, 270 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan, kreativitas amat dibutuhkan untuk menghasilkan hal-hal baru dan bisa bikin India jadi pemimpin dunia. Bagaimana dengan Indonesia yang juga dikategorikan sebagai negara berkembang? (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.