Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Nov 2018 13:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Unik di Australia, Jadi Pemadam Kebakaran

Melisa Mailoa
detikTravel
Merasakan sensasi jadi pemadam kebakaran di Gold Coast (Melisa/detikTravel)
Merasakan sensasi jadi pemadam kebakaran di Gold Coast (Melisa/detikTravel)
Gold Coast - Selain wisata pantai, Gold Coast di Australia punya aktivitas seru lainnya. Ada aktivitas liburan unik, di mana turis bisa merasakan jadi pemadam kebakaran.

Pernah punya keinginan jadi pemadam kebakaran tapi belum kesampaian? Kota Gold Coast di Australia bisa mewujudkan mimpi traveler jadi kenyataan. Melalui aktivitas bernama Fire4Hire, traveler bisa merasakan sensasi menjadi pemadam kebakaran.

Dulu sewaktu guru di sekolah bertanya soal cita-cita di masa depan, saya yakin pasti ada yang menyebut nama profesi pemadam kebakaran. Ketika melihat pria berseragam merah oranye dengan gagahnya menjinakan api, siapa juga yang tidak kepincut untuk jadi salah satu anggotanya.

Makanya ketika detikTravel diajak Singapore Airlines dan Tourism and Events Queensland untuk merasakan sensasi jadi pemadam kebakaran di Australia, saya jadi sangat bersemangat. Terlebih saat melihat mobil berwarna merah mentereng dengan logo Fire4Hire telah menunggu saya dan rombongan wartawan di halaman parkir Sea World, Gold Coast, Kamis (22/11/2018).

Seorang pemandu bernama Jeff muncul dari balik kemudi. Dengan ramah ia memperkenalkan diri dan menyambut kita masuk ke dalam mobilnya untuk mengikuti Fire Truck Tours. Truk pemadam kebakaran yang kita naiki ternyata sudah dimodifikasi sehingga memiliki kursi duduk berhadapan dan dapat diisi maksimal 10 orang. Kebetulan kita bertujuh, ruangannya pun jadi lebih lega.

Wisata Unik di Australia, Jadi Pemadam KebakaranTruk pemadam kebakaran yang dinaiki turis (Melisa/detikTravel)

Truk sudah terisi, kami pun siap berangkat. Nguing.. nguing.. nguing... sirine mobil pemadam kebakaran yang khas membelah jalan di pinggir pantai daerah Surfer Paradise, Gold Coast. Ditambah iringan lagu Best Day of My Life yang dinyanyikan American Authors, membuat suasana di dalam truk jadi lebih semarak.

Sepanjang jalan para pejalan kaki tak hentinya memandang ke arah truk. Tapi kami seolah tak peduli, seorang wartawan asal Malaysia, Alvin, dengan lantang bernyanyi mengikuti irama musik, "It's gonna be the best day of my life... my li........fe," lantunnya.


Jeff memberhentikan mobilnya di sebuah tanah lapang hijau yang luas. Ini saatnya bagi kami mencoba selang pemadam kebakaran. Jeff terlebih dahulu menjelaskan fungsi berbagai alat yang ada di dalam truk. Biasanya selang berukuran besar digunakan untuk memadamkan api kebakaran rumah atau gedung. Tapi selang yang kami coba kali ini berukuran lebih kecil untuk memadamkan kendaraan terbakar.

"Kalau menggunakan selang besar, tubuh kalian akan terasa terdorong. Kalau tidak kuat memegangnya akan sangat berbahaya. Untuk alasan keamanan kami menggunakan selang yang lebih kecil. Tapi tentu saja ini juga seru," ungkap Jeff menjelaskan.

Wisata Unik di Australia, Jadi Pemadam KebakaranJeff, pria yang memandu turis (Melisa/detikTravel)

Aktivitas Fire Truck Tours ini bisa dinikmati dengan membeli tiket seharga 35 AUD atau Rp 360 ribu untuk anak-anak dan 49 AUD atau Rp 515 ribu untum dewasa. Cara mengoperasikannya juga tidak begitu sulit. Saya hanya perlu menarik tuas di atas selang, air deras pun mulai mengalir. Ukuran pancuran air dapat diatur sesuai keinginan.

Memang sih tidak ada api sesungguhnya yang harus dipadamkan. Tapi saya bisa merasakan jadi petugas pemadam kebakaran. Saya jadi penasaran, apa Jeff yang bertubuh besar ini dulunya juga pemadam kebakaran.


"Saya dulu petugas pemadam kebakaran di Kota Cairns. Saya biasanya memadamkan api di kebakaran hutan," ungkap Jeff.

Kebakaran hutan juga menjadi masalah di Australia saat musim kering. Menjadi pemadam kebakaran di daerah yang banyak hutannya ada tantangan tersendiri. Ia juga punya pengalaman tak terlupakan.

"Saat kebakaran segala jenis hewan pasti berusaha mencari tempat perlindungan terdekat. Tanpa sadar ada ular berukuran besar tiba-tiba menggelayut di kaki saya. Beruntung bukan ular berbisa jadi saya tidak kena masalah," ujar Jeff memecah suasana dengan tawa.

Wisata Unik di Australia, Jadi Pemadam KebakaranMencoba selang pemadan kebakaran (Melisa/detikTravel)
(mem/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED