Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Jan 2019 18:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pohon Berusia 3.000 Tahun dan Batu Keberuntungan di China

Bona
detikTravel
Foto: Taman pohon siprus berusia 3.000 tahun (Bonauli/detikTravel)
Foto: Taman pohon siprus berusia 3.000 tahun (Bonauli/detikTravel)
Taian - Dai Temple di Taian, China tak cuma sekadar kelenteng bersejarah. Banyak cerita menarik, termasuk pohon berusia ribuan tahun dan batu keberuntungan.

Masih dari kelenteng legendaris Dai Temple, di Kota Taian, Provinsi Shandong, China. detikTravel bersama Dwidaya Tour menemukan banyak cerita menarik dari balik dinding kelenteng ini.

Keluar dari area kelenteng, wisatawan akan disambut oleh taman hijau nan asri. Kebanyakan penghuni taman ini adalah pohon cemara dan siprus.

Di antara banyak pohon, ada dua yang paling bersejarah. Terikat dengan tiang penyangga dan diberi pembatas, inilah pohon siprus tertua di Dai Temple.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Dua pohon ini ditanam oleh Kaisar Wu dari Dinasti Han. Kalau dikira-kira, usia dari pohon ini sudah sekitar 3.000 tahun. Wah!

Karena usianya yang sangat tua, pohon ini pun sudah tidak tegap lagi. Pohon ini diberi penyangga.

"Pohon ini ditopang oleh tiang dan tali agar tidak jatuh. Pagar pun dibuat supaya pohon tidak digurat," ujar Dennis, pemandu dari China Internasional Travel Service.

Di antara pohon ini, ada sebuah batu besar yang menarik perhatian. Batu ini diletakkan di tengah dua pohon legendaris.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Rupanya batu tersebut dibawa langsung dari puncak Tai Mountain. Masyarakat China percaya bahwa batu tersebut membawa keberuntungan dan kedamaian bagai negara.

"Dahulu masyarakat percaya bahwa batu yang berasal dari Tai Mountain membawa keberuntungan. Kalau sekarang biasanya dianggap membawa keutuhan rumah tangga," jelas Dennis. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED