Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jan 2019 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kebiasaan Orang-orang di Negara Paling Bahagia: Berenang di Air Es

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Komunitas berenang di air beku (CNN Travel)
Komunitas berenang di air beku (CNN Travel)
Helsinki - Orang-orang dari negara paling bahagia di dunia menganut kebiasaan berenang di air es. Bagaimana ceritanya?

Melansir CNN Travel, Rabu (23/1/2019), kebiasaan ini dipercaya membuat badan terasa lebih baik. Di keadaan malam musim dingin, gelap dan bersalju, suhu mencapai 14 derajat F (-10 derajat C), air es diyakini mampu menyembuhkan semua masalah, dari sakit, depresi hingga rasa sedih.

Aksi pemberani atau gila berenang di es ini ada di Amerika Utara, Rusia dan banyak lainnya di seluruh dunia yang memiliki musim dingin. Pemandangan itu bisa ditemui di pusat ibu kota Helsinki.

Di Finlandia, melompat ke lubang es di laut atau danau selama musim dingin adalah kegiatan sehari-hari dan dilakukan dengan penuh semangat. Seorang penulis dan jurnalis yang berbasis di Helsinki, Katja Pantzar percaya bahwa hobi yang tidak biasa ini adalah salah satu alasan mengapa Finlandia menempati peringkat sebagai negara paling bahagia di dunia.

Dalam bukunya 'The Finnish Way: Finding Courage, Wellness, and Happiness through the Power of Sisu', Pantzar mengatakan bahwa kegiatan berenang dilakukan hampir setiap hari di Finlandia. Sepanjang tahun, kegiatan ini bertujuan untuk kebahagiaan dan kesejahteraan.

Untuk diketahui, Sisu adalah konsep Finlandia yang digambarkan sebagai tekad teguh, keuletan tujuan, ketabahan, keberanian, ketahanan, dan sifat tahan banting. Konsep ini dipegang oleh warga Finlandia untuk mengekspresikan karakter nasional mereka

Lahir di Finlandia dari orang tua Finlandia-Kanada, Pantzar dibesarkan dan dididik di Kanada. Ia memperhatikan orang-orang melakukan hal-hal yang unik, seperti bersepeda di suhu -20 C juga kecintaan mereka berenang di air es.

Bersepeda di suhu beku (CNN Travel)Bersepeda di suhu beku (CNN Travel)

Pantzar pertama kali terjun ke Laut Baltik yang hampir beku. Apa rasanya: kesemutan, hangat dan merasa baik-baik saja.

Setelahnya, ia kecanduan ingin melompat lagi ke dalam air es meski begitu dingin, dalam waku 30 detik sampai 1 menit. Namun saat itulah ia merasakan kegembiraan, perasaan begitu hidup setelah terjun ke air dingin dan membuatnya mengerti mengapa orang Finlandia melakukan ini.

Keingintahuan dari sisi jurnalistiknya memanggil. Ia akan menyelam lebih dalam dan mencari tahu mengapa dia dan teman-teman Finlandianya merasa begitu bersemangat terjun ke air beku.

Ia pun mencari tahu alasannya dari Profesor Hannu Rintamaki dari Institut Kesehatan Kerja Finlandia dan Universitas Oulu. Rintamaki sudah 40 tahun mempelajari efek cuaca Arktik pada tubuh manusia dari perspektif pekerjaan dan kesejahteraan.

(CNN Travel)(CNN Travel)

Efek rasa enak yang dialami Pantzar saat berada di air es dihasilkan saat tubuh melepaskan hormon bahagia, endorfin. Itulah pembunuh rasa sakit alami tubuh.

Kata dia, berenang membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon penyeimbang suasana hati serotonin bersama dengan dopamin. Neurotransmitter yang membantu mengendalikan pusat dan kesenangan otak, juga oksitosin yang dikenal sebagai hormon cinta.

Meski begitu, dia menemukan bahwa manfaat dari es dingin ini tidak berhenti dengan meningkatnya pelepasan hormon perasaan baik. Efek lain berenang di air dingin, termasuk membuat sirkulasi darah meningkat, sistem kekebalan juga ditingkatkan karena kalori terbakar.

Kegiatan lainnya, banyak perenang es melakukan sauna untuk mengeluarkan keringat yang bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh juga melepaskan racun. Peningkatan sirkulasi darah neningkatkan kesehatan kardiovaskular dan warga Finlandia sangat menyukai waktu sauna mereka.

Ada sekitar 150.000 perenang aktif musim dingin di Finlandia dan bahkan ada orang yang berenang dua kali sehari. Ada pula klub renang air dingin di Helsinki.

Berenang di air es membuat musim dingin jauh lebih menyenangkan dan menjadi media meditasi. Ada pula yang mengakui tidak lagi menderita depresi karena pekerjaan sejak berenang di air beku itu.

Bagaimana, traveler tertarik melakukannya? Ini masih dari Finlandia, belum lagi menyoal kebiasaan serupa dari negara lain. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA