Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Feb 2019 22:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Liburan ke Pulau Ini, Harus Bawa Pulang Lagi Tinja Pakai Kantong

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kantong tinja buat wisatawan (dok. Emily Dark/Florida Departement of Environmental Protection)
Kantong tinja buat wisatawan (dok. Emily Dark/Florida Departement of Environmental Protection)
Miami - Liburan ke pulau di Florida, AS ini traveler tidak akan menemukan toilet. Kalau mau BAB, akan disediakan kantong tinja untuk kemudian dibawa pulang lagi.

Ada kebijakan unik kalau traveler liburan ke pulau-pulau di sepanjang kawasan Indian River Lagoon di Florida, AS. Tidak ada bangunan toilet di pulau tak berpenghuni ini. Kalau mau BAB, akan disediakan kantong gratis untuk dibawa pulang lagi.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (8/2/2019) kebijakan ini diambil karena ada banyak wisatawan yang BAB sembarangan, terutama di kawasan pantai. Agar tidak menimbulkan masalah lingkungan, disediakan kantong gratis untuk membuang tinja.

Kantong tinja ini tidak boleh ditinggalkan ataupun dibuang sembarangan di pulau itu. Melainkan harus dibawa pulang lagi oleh traveler untuk dibuang di tempat yang semestinya. Itu karena di pulau itu tidak tersedia tempat sampah.

Liburan ke Pulau Ini, Harus Bawa Pulang Lagi Tinja Pakai KantongKantong ini gratis (dok. Emily Dark/Florida Departement of Environmental Protection)


Emily Dark, Ahli Lingkungan dari Departemen Perlindungan Lingkungan Florida menyebut kotoran manusia yang ditinggalkan di pulau akan menimbulkan masalah. Apalagi ketika hujan turun, limbah tinja manusia ini bisa masuk ke sistem laguna.

BACA JUGA: Fenomena Air Terjun Api

Untuk mencegah hal itu, kantong tinja pun disediakan untuk para wisatawan. Kantong ini bisa diambil secara gratis. Jangan bayangkan kantong ini seperti kantong plastik belanja yang biasa kita lihat.

Kantong ini bukanlah kantong sembarangan. Kantong yang disebut dengan 'WAG Bags' tersebut ramah lingkungan. Kantong itu bisa hancur setelah beberapa waktu.

Di dalamnya terdapat semacam gel yang bisa menyerap kelembaban dan mengurangi bau. Kantong ini biasa digunakan sebagai toilet portabel ketika ada acara atau festival outdoor. Diharapkan keberadaan kantong ini bisa meminimalisasi wisatawan yang BAB sembarangan di pulau tersebut.



Liburan ke Pulau Ini, Harus Bawa Pulang Lagi Tinja Pakai Kantong
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED