Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Feb 2019 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taman Cantik di Hiroshima yang Dulunya Kandang Kuda

Bona
detikTravel
Shukkeien Garden (Bonauli/detikTravel)
Hiroshima - Hiroshima di Jepang memang dikenal karena serangan bom atom. Tapi kota ini juga punya taman bunga cantik yang dulunya adalah kandang kuda kerajaan.

Berjalan-jalan di Kota Hiroshima, detikTravel bersama Japan Airlines dan Japan National Tourism Organization (JNTO) mampir ke sebuah taman yang terkenal dengan bunga sakura dan plumnya. Inilah Shukkeien Garden.

Shukkeien Garden dibangun oleh seorang Daimyo bernama Asano Nagaakira pada zaman Edo di Jepang. Daimyo adalah kepala daerah yang bekuasa pada zaman feodal saat itu.

Taman ini dibangun oleh seorang master tea ceremony, Ueda Nagaakira. Ueda Nagaakira juga menjadi pengikut utama dari sang daimyo.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


Shukkeien Garden dibangun pada tahun 1620. Taman ini sendiri memiliki arti Shrink-scenery-garden atau taman dengan pemandangan yang menenggelamkan.

Nama ini didapat dari ide untuk membuat miniatur dan mengoleksi pemandangan cantik. Konsepnya mirip Sungai Xihu di Hangzhou, China. Sekarang, taman ini menjadi tempat wisata di Jepang.

Taman ini dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan koleksi tanaman. Sebut saja pohon sakura, plum, ginko, bambu sampai herbal ada di sini. Yang paling populer adalah taman bunga plum dan sakura.

Taman bunga plum kebetulan sudah mekar di Bulan Februari. Mulai dari warna putih, pink sampai merah, merekah mempesona pengunjung taman ini. Banyak dari pengunjung adalah fotografer yang khusus datang untuk mengabadikan keindahan taman ini.

Taman bunga plum sendiri dulunya adalah kandang pelatihan kuda. Bukan cuma pelatihan kuda, taman-taman ini juga dulunya ada yang tempat memanah dan pelatihan senjata api.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


Selain bunga-bunga yang indah, taman ini juga dilengkapi dengan pemandangan yang indah bak surga. Di tengah taman dibuat danau cantik dengan jembatan.

Taman yang ini tidak dibangun dengan asal-asalan. Saat berjalan ke arah danau, wisatawan diajak untuk naik bukit-bukit kecil.

Kolam ikan kecil yang paralel dengan kolam utama membuat taman ini semakin apik. Jembatan dengan model setengah lingkaran menambah keanggunan Shukkeien Garden.

Di atas bukit, menghadap ke tengah kolam dan jembatan, ada sebuah gazebo kecil yang dikhususkan untuk minum teh pada zaman itu. Sekarang spot ini digunakan untuk berfoto dan beristirahat sejenak untuk wisatawan.

Dari gazebo, kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura jika musim semi tiba. Setelah itu tibalah wisatawan di kolam utama, Takuei-Chi.

Sebuah jembatan menjadi penghubung di tengah kolam ini. Jembatan ini diberi nama Koko-kyo yang artinya jembatan antara surga dan dunia.

(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel) Foto: (Bonauli/detikTravel)


Sayangnya, wisatawan dilarang naik ke atas Koko-kyo yang berbentuk setengah lingkaran. Wisatawan bisa lewat area samping yang telah disiapkan oleh pengelola.

Sambil menikmati pemandangan taman, wisatawan diperbolehkan untuk memberi makan ikan di kolam ini. Tapi makanan ikannya harus beli di loket ya seharga JPY 100 atau sekitar Rp 13.000.

Taman ini tak hanya memamerkan keindahan bunga dan arsitektur, tapi juga galeri seni. Pemandangan taman jadi tambah cantik.

Pada serangan bom nuklir, taman ini juga ikut hancur. Namun karena menjadi bagian dari sejarah Hiroshima, taman ini direnovasi dan kembali dibuka untuk umum menjadi sebuah tempat wisata di Jepang.

Shukkeien Garden bisa menjadi pilihan traveler yang mau menikmati Hiroshima dengan gaya elegan. Biaya masuk ke taman ini JPY 260 atau sekitar Rp 32.834 per orang.

Taman bersejarah ini bisa dijangkau dari stasiun trem Hiroshima. Selain dapat foto-foto cantik, kamu juga akan merasa segar karena jalan-jalan di taman luas ini.



(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA