Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Feb 2019 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Perjalanan Kereta 4.000 Kilometer Kim Jong-Un

Afif Farhan
detikTravel
Kim Jong-Un naik kereta dari Korea Utara ke Vietnam  (ABC Australia/Reuters)
Kim Jong-Un naik kereta dari Korea Utara ke Vietnam (ABC Australia/Reuters)
Hanoi - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un akan kembali bertemu Presiden AS, Donald Trump di Vietnam. Perjalanan Kim Jong-Un tak main-main, naik kereta sejauh 4.000 km.

Dirangkum detikTravel dari media-media internasional seperti Reuters, AFP dan The Guardian, Selasa (26/2/2019) Kim Jong-Un dan Donald Trump direncanakan akan bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Hanoi, Vietnam selama dua hari, yakni pada Rabu (27/2) besok dan Kamis (28/2) lusa. Ini merupakan pertemuan kali kedua mereka setelah sebelumnya di Singapura.

BACA JUGA: Senyum Cerah Kim Jong Un Saat Tiba di Vietnam

Donald Trump dijadwalkan mendarat di Hanoi sore ini, dengan penerbangan dari AS. Sedangkan Kim Jong-Un baru tiba pagi hari tadi, setelah menempuh perjalanan 3 hari naik kereta.

Kim Jong-Un tiba di Vietnam (Reuters)Kim Jong-Un tiba di Vietnam (Reuters)


Perjalanan kereta Kim Jong-Un tidaklah main-main. Pemimpin Korea Utara itu menempuh jarak 4.000 km!

Perjalanan kereta lapis baja Kim Jong-Un dimulai dari Kota Pyongyang di Korea Utara menuju Beijing (China). Setelah itu, keretanya menempuh kote-kota besar seperti Zhengzhou, Wuhan, Nanning, dan Pingxiang.

Hingga akhirnya, kereta Kim Jong-Un tiba di Dong Dang. Suatu kota di bagian utara Vietnam yang berbatasan dengan China. Dari situ, Kim Jong-Un melanjutkan perjalanannya naik mobil sejauh 170 km ke Hanoi, ibukota negara Vietnam.

Perjalanan Kereta 4.000 Kilometer Kim Jong-Un(AP Photo)


Menariknya, perjalanan kereta Kim Jong-Un tersebut sejatinya bisa dicoba traveler. Bahkan banyak website media internasional menyebutnya sebagai bucket list di Asia.

Perjalanan kereta dari Beijing-Pyongyang memang sungguh adanya. Dilihat dari Travel China Guide, rute Beijing-Pyongyang berjarak 1.364 km, yang menghabiskan waktu 25 jam perjalanan.

BACA JUGA: Korea Utara yang Belum Pernah Kamu Lihat

Tiap pekan, keretanya berangkat dari Beijing di hari Senin dan Kamis. Sedangkan perjalanan balik dari Pyongyang, setiap hari Rabu dan Sabtu. Dari Beijing, keretanya memang bisa lanjut ke berbagai destinasi sampai di Vietnam.

Namun bagi traveler yang berminat naik kereta ke Pyongyang, ada satu hal yang mesti diingat. Penumpang diwajibkan memiliki visa kunjungan ke Korea Utara!

Panorama di Korea Utara (Koryo Tours)Panorama di Korea Utara (Koryo Tours)


Serangkaian pemeriksaan ketat oleh petugas kereta Korea Utara juga dilakukan di titik-titik perbatasan seperti di Kota Dandong (China) dan Kota Sinuji (Korea Utara). Selain memeriksa visa, rupanya ada beberapa barang-barang yang tidak boleh masuk ke Korea Utara.

Barang-barang tersebut seperti laptop, radio dan kamera SLR dengan lensa 150 mm. Ponsel juga kena, hanya ponsel yang tanpa GPS.

BACA JUGA: Potret Langka Keseharian Warga Korea Utara

Harga tiketnya dibanderol mulai dari 806 Yuan atau setara Rp 1,6 juta. Panorama sepanjang perjalanan pun indah, apalagi ketika masuk ke Korea Utara yang menampilkan kehidupan masyarakatnya yang terisolasi dunia luar.

Beberapa operator tur di China dan Eropa sudah banyak yang menawarkan paket wisata naik kereta ke Korea Utara tersebut. Berminat?

Petugas kereta Korea Utara (Koryo Tours)Petugas kereta Korea Utara (Koryo Tours)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA