Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mar 2019 07:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Benarkah Ini Antena Pengendali Pikiran Warisan Uni Soviet?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel

Halaman 1 dari 4

Radar Duga di Ukraina (CNN Travel)
Radar Duga di Ukraina (CNN Travel)

Kiev - Di pedalaman hutan Ukraina dekat Chernobyl, ada infrastruktur antena raksasa bekas Uni Sovyet yang dulu sangat dirahasiakan. Katanya ini alat pengendali pikiran.

Melansir CNN Travel, Selasa (5/3/2019), antena yang terlantar ini sangat besar dan tersembunyi di hutan dekat Chernobyl, namanya Radar Duga. Hutan tak tersentuh yang damai di utara ibu kota Ukraina, Kiev adalah tempat yang sempurna untuk menikmati alam bebas.

Faktanya, zona ini berisi Zona Pengecualian Chernobyl (Chernobyl Exclusion Zone) yang terkontaminasi radiasi nuklir. Ditegaskan pada tahun 1986 setelah bencana nuklir terburuk di dunia.

Sejak 2011 Chernobyl Exclusion Zone menjadi tempat wisata di Ukraina yang paling menarik bagi para wisatawan petualang. Hutan di sini menyembunyikan warisan Perang Dingin lainnya yang jauh lebih menyeramkan dan misterius.


Meski dulu rahasianya dijaga ketat, struktur bangunan besar ini dapat dilihat berkilo-kilometer jauhnya. Membubung menembus kabut di cakrawala, dari kejauhan, Radar Duga tampak seperti tembok raksasa.

Jika diamati dengan saksama, ini adalah struktur bangunan besar dan bobrok yang terdiri dari ratusan antena dan turbin besar. Radar Duga (yang diterjemahkan sebagai Busur) pernah menjadi salah satu fasilitas militer yang paling kuat dalam pemerintahan komunis, Uni Soviet.

Tingginya masih menjulang setinggi 150 meter dan panjangnya hampir 700 meter. Tapi, Radar Duga dibiarkan berkarat dalam angin radioaktif Chernobyl.

Siapapun yang menginjak semak-semak di sana akan menemukan barang terabaikan. Ada tong baja, peralatan elektronik yang rusak dan sampah logam, juga sisa-sisa evakuasi tergesa-gesa tak lama setelah bencana nuklir terjadi di sana. Seperti apa misteriusnya? Simak halaman berikutnya: (msl/fay)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA