Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Apr 2019 17:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical Garden

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Suasana di Kings Park, Kota Perth (Masaul/detikcom)
Suasana di Kings Park, Kota Perth (Masaul/detikcom)
Perth - Kota Perth di Australia Barat amat mementingkan ruang terbuka hijau untuk warga dan wisatawan. Inilah taman kota gratis dan terbesar di dunia, Kings Park & Botanical Garden Perth.

Kota Perth ternyata tidak jauh dari Indonesia dan mudah dijangkau. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan sampai ke Perth. Dari Jakarta ada Garuda Indonesia terbang langsung tiap Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Ada Qantas setiap hari via Sydney, lalu via Singapura ada Singapore Airlines setiap hari dan Scoot pada Senin, Rabu, Jumat, Minggu, AirAsia setiap hari via Kuala Lumpur atau Denpasar.

Sedangkan dari Bali ada Garuda Indonesia, Jetstar dan AirAsia terbang langsung setiap hari ke Perth. Sedangkan Qantas terbang tiap hari via Sydney. Australia Barat begitu mudah dijangkau dari Indonesia. Dari Bandara Perth, nanti ada bus Transperth nomor 380, nomor 40 dan nomor 935 yang akan mengantar kita ke pusat Kota Perth.

Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical GardenWisatawan di Kings Park (Masaul/detikcom)


Sekadar bersantai dan jalan-jalan sore, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Australia Barat paling populer ini. detikcom berkesempatan mengunjungi Kings Park & Botanical Garden Perth pada tanggal 21-27 Maret 2019.

Udara bersih dan cuaca saat itu di kisaran 17-20 derajat Celcius dan bikin perjalanan kami terasa menyenangkan karena cuaca di Australia tidak terlalu panas. Hanya sedikit awan di langit Perth saat itu, selebihnya langit kebiruan sepanjang mata memandang cakrawala. Indah bukan?

Terlihat orang-orang beraktivitas di Kings Park & Botanical Garden Perth, ada yang olahraga, berjemur, bersantai bersama keluarga atau jalan-jalan bersama anjingnya. Lanskap gedung Kota Perth menjadi latar yang epik ketika Anda berfoto di sana.

Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical GardenFoto: undefined

Dalam data yang dihimpun detikcom, Kings Park & Botanical Garden sebagai termpat wisata di Perth merupakan tempat keramat suku Aborigin dan tempat pohon Baobab berusia 750 tahun. Kings Park sangatlah besar dan sebagai salah satu taman kota terbesar di dunia, mengalahkan besarnya Central Park di Kota New York.

Kings Park & Botanical Garden Perth di Australia Barat sangat mudah untuk dijelajahi. Berkendaralah dengan perlahan-lahan di dalamnya, lalu parkir mobil Anda, keluarkan sepatu olahraga atau tikar piknik dan nikmati keasriannya selama beberapa jam.

BACA JUGA: Perth, Tempat Wisata Terbaik di Australia Barat

Jangan ketinggalan untuk melihat pohon boab alias baobab (Andansonia gregorii) yang amat besar, bergabung dengan tur jalan kaki yang akan membahas cerita suku Aborigin. Jangan lupa melihat ribuan bunga liar di musim semi di bulan September-November di taman ini.

Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical Garden
State War Memorial (Masaul/detikcom)


Spot terbaik Kings Park & Botanical Garden

1. Area hijau berumput di sekitar State War Memorial dan di sepanjang Fraser Avenue yang tertutup rumput hijau jadi tempat orang-orang piknik. Orang-orang datang untuk menyaksikan pemandangan dan terpukau pada barisan pencakar langit Kota Perth.

Di sini dapat dilihat pula Sungai Swan dan Canning. Sebelum senja, adalah waktu yang sangat populer. Pilihlah zona piknik dan taman barbekyu yang cocok dengan selera untuk berekreasi di sana.

2. Ada pohon boab (baobab) 36 ton di Botanical Garden. Diperkirakan berusia sekitar 750 tahun, pohon itu diangkut sejauh 3.200 kilometer dari wilayah Kimberley Australia Barat pada tahun 2008.

Ini merupakan sebuah prestasi karena dilakukan untuk menyelamatkan pohon dari kehancuran. Pohon Boab dikhususkan untuk orang-orang Aborigin Kimberley.

3. Jembatan pejalan kaki melengkung yang terbuat dari baja dan kaca di Botanical Garden. Menggantung 52 meter di atas permukaan tanah, jembatan ini ada di atas kanopi pohon.

Bagian dari Lotterywest Federation Walkway, jalan setapak sepanjang 620 meter yang berkelok-kelok melintasi Western Australian Botanic Garden, dilengkapi dengan papan informasi yang tersebar di sepanjang jalan.

Waklway menyajikan pemandangan sungai yang indah yang memasuki hutan. Tidak ada biaya masuk jembatan ini alias gratis dan buka dari pukul 09.00 sampai 17.00.

Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical GardenWalkway di Kings Park (Masaul/detikcom)


4. Australia Barat adalah rumah bagi lebih dari 12.000 spesies bunga liar. Bunga-bunga itu dihimpun menjadi taman ajaib, yang dipamerkan setiap tahun.

Selama sebulan penuh di setiap bulan September Anda dapat menikmati festival bunga itu. Mekarnya bunga itu berlangsung hingga akhir Oktober dan area terbaiknya ada di depan galeri, toko dan di sekitar Pioneer Women's Memorial.

5. Ada tur jalan kaki gratis yang berangkat setiap hari pukul 10.00, 12.00 dan 14.00. Anda dapat menemui pemandu Kings Park di luar galeri dan toko Aspects of Kings Park, di dekat Fraser Avenue.

Perjalanan ini menyusuri jalur semak belukar, belajar tentang tanaman karnivora, mengelilingi monumen bersejarah atau mengamati banyak spesies tanaman asli yang bervariasi antara pantai dan gurun. Tur ini berlangsung antara satu hingga tiga jam dan tidak memerlukan pemesanan terlebih dulu.

BACA JUGA: Kota Perth, Tempat Liburan Paling Semarak di Australia Barat

Cara pergi ke Kings Park

Kings Park sebagai tempat wisata di Perth berada tepat di pusat kota dan dapat dicapai dengan naik Bus Central Area Transport (CAT) yang gratis. Anda dapat menempuhnya selama lima menit dari Kota Perth, setiap bus Transperth yang melewati St Georges Terrace menuju ke sana. Jika Anda mengemudi mobil, parkirlah di Fraser Avenue.

Musim semi pada September-November adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Kings Park & Botanical Garden. Hari-hari pada musim semi biasanya hangat dan cerah dengan suhu rata-rata yang berkisar antara 11-23°C. Curah hujan cukup rendah pada bulan-bulan ini.

Musim Semi akan bertabur bunga-bunga cantik. Akan ada lebih dari 12.000 spesies bunga liar yang merekah di cagar alam dan taman nasional Kota Perth termasuk di Kings Park & Botanical Garden.

Tapi ada 3 hal yang tak boleh dilakukan di Kings Park & Botanical Garden. 3 Hal itu adalah jangan bersepeda di jalur pedestrian, jangan menginjak bunga-bunga langka dan jangan buang sampah sembarangan.

Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical Garden
Parkiran sepeda di Kings Park (Masaul/detikcom)


Fasilitas di Kings Park & Botanical Garden

Begitu banyak fasilitas di Kings Park & Botanical Garden. Bagi pengemudi mobil ada parkir yang luas. Untuk yang ingin mengelilingi taman seluas 400 hektar ini ada persewaan sepeda. Taman ini memiliki 2 halte bus Transperth.

Tak hanya itu, ada pula sejumlah kafe, bangku taman, dan gazebo yang nyaman. Ada pula sejumlah toilet di sejumlah titik, spot foto yang biasa digunakan untuk pernikahan, dan petugas ramah yang siap siaga melayani turis maupun warga lokal. Sebuah hari yang biasa di Australia Barat, adalah sebuah hari yang luar biasa untuk para traveler dengan menghabiskan waktu di Kings Park & Botanical Garden di Kota Perth. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED