Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Apr 2019 14:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Aneka Wisata Petualangan Terbaik di Australia Barat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Bertualang naik kayak di Yardie Creek (Tourism Western Australia)
Bertualang naik kayak di Yardie Creek (Tourism Western Australia)
Perth - Australia Barat memiliki alam yang memikat. Ada banyak wisata petualangan yang bisa kamu coba untuk menjelajah destinasi ini dengan seru.

Australia Barat ternyata tidak jauh dari Indonesia dan mudah dijangkau. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan sampai ke Perth. Dari Jakarta ada Garuda Indonesia terbang langsung tiap Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Ada Qantas setiap hari via Sydney, lalu via Singapura ada Singapore Airlines setiap hari dan Scoot pada Senin, Rabu, Jumat, Minggu, AirAsia setiap hari via Kuala Lumpur atau Denpasar.

Sedangkan dari Bali ada Garuda Indonesia, Jetstar dan AirAsia terbang langsung setiap hari ke Perth. Sedangkan Qantas terbang tiap hari via Sydney. Australia Barat begitu mudah dijangkau dari Indonesia. Dari Bandara Perth, nanti ada bus Transperth nomor 380, nomor 40 dan nomor 935 yang akan mengantar kita ke pusat Kota Perth.

BACA JUGA: Perth, Tempat Wisata Terbaik di Australia Barat

detikcom bertualang ke Australia Barat terutama ke Perth dan sekitarnya pada 21-27 Maret 2019 lalu. Begitu banyak tempat wisata di Australia Barat yang menawarkan wisata petualangan, dimulai dari segway tour di dalam kota, treking hingga naik balon udara.

Berikut ini adalah wisata petualangan paling top di Australia Barat, dimulai dari Kota Perth:

1. Tur Segway
Naik segway di Perth (Segway Tours WA/Facebook)Naik segway di Perth (Segway Tours WA/Facebook)
Traveler yang tak ingin capek berkeliling tempat wisata di Perth bisa bertualang naik segway. Kamu bisa menyewanya di kawasan Elizabeth Quay, tepatnya di sebelah Bell Tower.

Ada beberapa paket yang bisa traveler pilih, tergantung lokasi yang berpengaruh pada waktu jelajah. Pertama City Riverside Tour selama satu jam yang memiliki rute keliling Kota Perth terutama wilayah pusat bisnis dan sisi Sungai Swan dengan tiket seharga AUD 79 setara Rp 800 ribu.

Kedua East Foreshore and City Tour selama 1,5 jam. Kamu akan diajak berkeliling di wilayah timur, melihat wisata tak biasa, bertemu landmark, belajar sejarah Perth dari tahun 1800 dengan harga tiket AUD 115 atau setara Rp 1,2 juta.

BACA JUGA: Kota Perth, Tempat Liburan Paling Semarak di Australia Barat

Ada juga Kings Park Tour selama 1,5 jam. Dalam tur ini akan mengelilingi taman kota terbesar di dunia yang dimulai dari Barrack Street Jetty, Elizabeth Quay. Perjalanan menyusuri sejarah bersama guide ini dihargai AUD 115 setara Rp 1,2 juta.

Tur ini hanya ada di jam-jam yang terjadwal. Riverside Tour 09.00-10.00, 12.30-13.30 dan 16.00-17.00, Kings Park Tour 10.30-12.00, East Tour 14.00-15.30.

2. Hot Air Ballooning
Naik balon udara di Australia Barat (Tourism Western Australia)Naik balon udara di Australia Barat (Tourism Western Australia)
Kamu juga dapat menikmati alam Australia Barat dari ketinggian, yakni menggunakan balon udara. Rasa tenang pastilah menyelimuti Anda saat mencoba wisata petualangan di Australia ini.

Balon udara ini dapat Anda nikmati di tengah atau akhir pekan, tentu dengan harga berbeda. Seperti disediakan oleh agen Adrenaline Experiences dengan penerbangan di Avon Valley National Park, Perth.

Jika kamu memilih paket Hot Air Ballooning - Perth, Weekend maka harga tiketnya sebesar AUD 350 (Rp 3,5 juta). Jika kamu memilih paket Hot Air Ballooning - Perth, Midweek seharga AUD 300 (Rp 3 juta), semua harga untuk per orang dan termasuk beberapa fasilitas lain, seperti konsumsi dan peralatan.

Adapun hal-hal yang yang harus diperhatikan yakni, penerbangan ini selama 45-60 menit, menaati semua peraturan pemandu atau pilot yang berpengalaman, memakai pakaian kasual atau jaket jika musim dingin, membawa kacamata hitam. Yang paling penting adalah membawa kamera.

3. Skydiving
Skydiving di Australia Barat (Tourism Western Australia)Skydiving di Australia Barat (Tourism Western Australia)
Wisata adrenalin yang bisa dicoba di Australia Barat adalah terjun skydiving. Anda akan diajak terjun dari pesawat di ketinggian 14.000 kaki di 97 kilometer arah timur Kota Perth.

Namun jangan khawatir, keselamatan Anda sudah dijamin oleh guide terlatih alias terjun tandem. Biaya perorangnya sebesar AUD 279 setara Rp 2,8 juta.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk skydiving, yakni sudah berumur 12 tahun ke atas, berat badan kurang dari 95 kilogram atau terkena biaya tambahan sebesar AUD 50 (Rp 500 ribu) jika melebihinya, AUD 75 (Rp 750 ribu) jika lebih dari 105 kilogram.

Syarat lainnya yakni, pakailah pakaian nyaman yang sesuai musim di Australia Barat saat Anda berkunjung, jangan pakai high heels, dilarang membawa kamera. Adapun yang akan didapat yakni kacamata khusus, pengarahan instruksi keamanan, dan jika ingin foto video bisa dibeli di area zona penerjunan.

4. Naik mobil 4WD dan sandboarding di Pinnacles
Mobil 4WD di Pinnacles (Tourism Western Australia)Mobil 4WD di Pinnacles (Tourism Western Australia)
Wisata petualangan selanjutnya yang bisa traveler nikmati yakni menjelajahi Gurun Pinnacles yang terkenal di dunia. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjelajah naik ke pasir, memberi makan kanguru, hingga memotret koala.

Petualangan ini dimulai dari penjemputan di Kota Perth dengan perjalanan dari pukul 08.00 sampai 19.30. Petualangan ini berkelompok dengan menggunakan kendaraan 4WD berbiaya AUD 215 (Rp 2,1 juta) sudah termasuk konsumsi.

Jarak dari Perth ke lokasi yakni Nambung National Park yakni sejauh 190 kilometer. Pertama kali Anda akan diajak ke Caversham Wildlife Park untuk bertemu dengan binatang khas Australia seperti kanguru, koala dan lainnya.

Lalu perjalanannya berlanjut ke Nambung National Park. Di sini kamu diajak berkeliling dengan bus 4 WD dan bisa melakukan atraksi adrenalin berupa sandboarding di tengah gurun seluas 17.491 hektar.
Sandboarding di Lancelin (Tourism Western Australia)Sandboarding di Lancelin (Tourism Western Australia)
5. Margaret River Seaplane Tour
Pesawat amfibi (Redballoon AU)Pesawat amfibi (Redballoon AU)
Jika traveler ingin hal yang menarik lain pun masih ada. Berikut ini adalah petualangan terbang dengan pesawat amfibi mengelilingi Swan River ke Margaret River oleh agen Redballoon AU.

Tur ini akan berlangsung dari pukul 09.00-16.00 dan hanya ada di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Berat badan Anda diharuskan tidak lebih dari 120 kilogram dan berumur lebih dari 8 tahun dalam penerbangan selama 60 menit ini.

Lokasi penjemputannya ada di Perth Selatan dan Anda harus mematuhi semua peraturannya jika ingin ikut. Biayanya sebesar AUD 795 (Rp 8 juta) per orang dan sudah termasuk mencicipi wine dan makan siang khas Margaret River seusai penerbangan.

6. Margaret River Kayaking dan Paddleboard
Main kayak di Margaret River (Tourism Western Australia)Main kayak di Margaret River (Tourism Western Australia) Foto: undefined
Jika traveler bertualang ke wilayah Margaret River, cobalah untuk menjajal wisata petualangan menyusuri sungai menggunakan kayak dan paddleboard. Dijamin Anda akan merasakan hal yang berbeda.

Redballoon AU adalah salah satu agen perjalanan yang menyediakan fasilitas ini. Untuk kayak, Anda dikenakan biaya AUD 150 (Rp 1,5 juta) sudah termasuk konsumsi dan paddleboard AUD 79 (Rp 790 ribu), dengan keduanya sudah diawasi oleh guide berpengalaman.

Anda akan diajak masuk ke Blackwood River National Park. Suasana tenang pasti menyejukkan hati Anda, dijamin!

Paddleboard di Esperance (Tourism Western Australia)Paddleboard di Esperance (Tourism Western Australia)
7. Naik unta di Broome
Naik unta di Broome (Summer Day)Naik unta di Broome (Summer Day)
Cable Beach, di Broome di wilayah Kimberley Australia Barat adalah bentangan pasir putih sepanjang 22 kilometer dengan latar tebing kemerahan dan berbatas langsung dengan Samudra Hindia.

Dengan suhu udara 27-33 derajat Celcius, traveler dapat menunggangi unta di sepanjang pantai saat fajar atau senja harinya. Di malam hari, Anda dapat berburu potret bintang karena langit yang bersih

BACA JUGA: Taman Kota Terbesar Sedunia di Perth: Kings Park & Botanical Garden

Di sana ada Gantheaume Point Lighthouse, adalah tempat untuk mengamati lumba-lumba dan paus yang bermigrasi pada musimnya. Antara Maret dan Oktober, Anda dapat melihat fenomena alam yang diakibatkan oleh purnama di atas Roebuck Bay ketika ombak surut, menciptakan ilusi optik bagai anak tangga menuju bulan yang disebut Staircase to the Moon (Tangga ke Bulan)

Jika Anda ingin lebih, masih banyak wisata petualangan di Australia Barat. Info lengkapnya bisa Anda dapatkan di situs resminya. Sebuah hari yang biasa di Australia Barat, adalah sebuah hari yang luar biasa untuk para traveler dengan berwisata petualangan di sana. (fay/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED