Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Apr 2019 12:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Notre Dame, Katedral yang Terbakar Itu Tempatnya Titik 0 Prancis

Afif Farhan
detikTravel
(REUTERS/Benoit Tessier)
(REUTERS/Benoit Tessier)
Paris - Katedral Notre Dame di Paris terbakar. Traveler pun dibuat berduka, sebab Notre Dame adalah destinasi bersejarah dan tempatnya titik 0 Prancis

Kebakaran melanda Katedral Notre Dame, Paris, Prancis Senin (15/4) waktu setempat. dua menara utama pada Katedral Notre-Dame lolos dari kebakaran. Tak hanya itu, petugas pemadam kebakaran juga berhasil menyelamatkan beberapa artefak berharga yang ada di dalam katedral.

Dua artefak yang diselamatkan di antaranya Mahkota Suci Duri dan tunik suci yang dipakai Raja Prancis abad ke-13, Louis. Dua artefak itu dievakuasi keluar saat api masih berkobar di dalam katedral.

BACA JUGA: 9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris

Notre Dame sudah jadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi turis saat melancong ke Paris. Bahkan, banyak tur mobil antik yang akan mengantar turis ke sini dan lokasinya ada di pusat kota.

Tak hanya bangunan gotiknya yang indah dipandang, Notre Dame punya banyak cerita menarik. Salah satunya adalah titik 0 Prancis.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2019) titik 0 itu punya nama Le point zero des routes de France berbentuk plakat. Lokasinya, persis di depan Notre Dame.

Notre Dame, Katedral yang Terbakar Itu Tempatnya Titik 0 PrancisFoto: (iStock)


Plakatnya ada di tanah, berbentuk segi delapan. Kadang kalau saat perayaan Natal, mungkin kesulitan untuk melihatnya karena tertutup pohon Natal atau hiasan lainnya.

Titik 0 tersebut merupakan pusat resmi Paris, yang sudah ada sejak abad pertengahan. Butuh waktu 12 tahun untuk menetapkan titik 0 tersebut, oleh Komisi de Vieux Paris dan Dewan Kota Paris. Hingga akhirnya ditetapkan pada 1924.

Mitosnya, siapapun yang menyentuh Le point zero des routes de France, akan kembali ke Paris. Maka itu, tak sedikit traveler yang berfoto dan menyentuhnya.

Notre Dame, Katedral yang Terbakar Itu Tempatnya Titik 0 PrancisFoto: (iStock)


Sama seperti titik 0 di negara lain, titik 0 di Notre Dame digunakan sebagai acuan pusatnya Prancis untuk menghitung jarak ke kota-kota lain.

Hingga kini, masih dilakukan investigas terkait penyebab kebakaran Notre Dame. Sedikitnya tujuh mobil pemadam dan 400 petugas pemadam dikerahkan untuk memadamkan api.

"Mari kita bangga, karena kita membangun katedral ini lebih dari 800 tahun yang lalu, kita telah membangunnya dan, selama berabad-abad, membiarkannya tumbuh dan memperbaikinya. Jadi saya sungguh-sungguh mengatakan malam ini: kita akan membangunnya kembali bersama-sama," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/4/2019).


Simak Juga 'Nestapa Gereja Notre Dame Paris yang Habis Dilalap Si Jago Merah':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED