Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Apr 2019 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kastil Megah ala Negeri Dongeng di Jerman, Dibangun 1882!

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kastil Drachenburg seperti di Negeri Dongeng (Wahyu Setyo/detikcom)
Kastil Drachenburg seperti di Negeri Dongeng (Wahyu Setyo/detikcom)
Konigswinter - Liburan ke Jerman, traveler bisa melihat kastil-kastil megah seperti di negeri dongeng. Salah satunya adalah Kastil Drachenburg yang dibangun tahun 1882.

Schloss Drachenburg atau Kastil Drachenburg adalah sebuah kastil megah yang terletak di Koenigswinter, Jerman. Kastil ini termasuk yang sangat bersejarah karena dibangun pada tahun 1882, dan masih bertahan sampai sekarang.

detikcom bersama rombongan Fam Trip Singapore Airlines berkunjung ke Kastil Drachenburg pada akhir Maret lalu. Dari Kota Bonn, menuju ke Kastil Drachenburg hanya butuh waktu kurang dari 20 menit naik mobil.

Untuk menuju ke Kastil Drachenburg, traveler harus naik kereta Drachenfelsbahn, karena letaknya memang sedikit di atas bukit, dan mobil tidak diperkenankan lewat. Pilihannya cuma ada 2, jalan kaki atau naik kereta. Jelas saya pilih naik kereta.

Hanya ada 2 pemberhentian di jalur kereta Drachenfelsbahn. Kastil Drachenburg ada di pemberhentian pertama, sedangkan objek wisata Drachenfels ada di pemberhentian selanjutnya. Kereta berjalan setiap 30 menit sekali, jadi jangan sampai ketinggalan.

Kereta Drachenfelsbahn (Wahyu Setyo/detikcom)Kereta Drachenfelsbahn (Wahyu Setyo/detikcom)

Harga tiket untuk kereta Drachenfelsbahn ini sebesar 10 Euro (Rp 158 ribu) per orang. Sedangkan untuk lansia dan anak-anak, harganya cukup 5,5 Euro saja (Rp 87 ribuan). Tak sampai 10 menit naik kereta, traveler sudah sampai di Schloss Drachenburg.

Sejarahnya, Kastil Drachenburg ini adalah bangunan tempat tinggal milik Stephan von Sarter, seorang bankir tajir yang hidup di akhir abad 18. Stephan mendapat kekayaannya dari jual beli saham, hingga investasi di Terusan Suez.

Meski niatnya dijadikan sebagai tempat tinggal, kenyataannya Stephan tidak pernah tinggal di kastil ini. Stephen meninggal di Paris di tahun 1902, dalam keadaan masih lajang dan belum sempat meninggali Kastil Drachenburg.

Schloss Drachneburg dibangun pada 1882, dan selesai 2 tahun kemudian (1884). Dari segi arsitektur, bisa dilihat begitu mengagumkannya kastil megah seperti ini bisa dibangun hanya dalam tempo waktu 2 tahun saja.

Schloss Drachenburg yang megah (Wahyu Setyo/detikcom)Schloss Drachenburg yang megah (Wahyu Setyo/detikcom)

Begitu masuk ke dalam, traveler dijamin akan terkagum-kagum saat melihat keindahan interior kastil ini. Di setiap sudut kastil, dipenuhi oleh karya seni yang tak ternilai harganya.

Lukisan-lukisan dinding, furnitur kayu antik, hiasan kaca patri di sepanjang lorong kastil, hingga aneka lampu gantung yang artistik di kastil, jika dirupiahkan nilainya akan sangat fantastik. Tak henti-hentinya saya dibuat berdecak kagum akan kemegahan bangunan kastil ini.

Interior megah Kastil Drachenburg (Wahyu Setyo/detikcom)Interior megah Kastil Drachenburg (Wahyu Setyo/detikcom)

Oleh pemandu yang bertugas, kami diajak berkeliling di dalam kastil secara eksklusif. Termasuk ke ruangan rahasia yang diperuntukkan untuk para pelayan supaya 'tidak kelihatan' oleh para tamu.

Ada banyak ruangan di kastil ini. Dari ruang makan yang penuh dengan ornamen klasik, ruang perpustakaan, hingga gentleman room, dimana para bangsawan pria bersantai main bilyar atau main catur.

Oh iya, di bangunan kastil ini kamar untuk bangsawan pria dan wanita dipisah. Maksudnya, kamar untuk para pria ada di sayap kanan kastil, sedangkan untuk para wanita berada di sayap sisi lainnya.

Kamar bangsawan pria (Wahyu Setyo/detikcom)Kamar bangsawan pria (Wahyu Setyo/detikcom)

Untuk interior kamar pria dan wanita jelas sangat berbeda. Kamar bangsawan wanita tampak lebih girly, dengan ornamen bunga-bunga yang cerah. Sedangkan di kamar bangsawan pria, warnanya lebih gelap dengan hiasan karpet beruang di tengahnya.

Menjelajahi isi kastil ini menjawab rasa penasaran saya tentang apa saja sih yang ada di dalam kastil yang ada di negeri dongeng. Rupanya sama saja seperti sebuah rumah tempat tinggal, hanya saja lebih mewah bak sebuah istana.

Seusai menjelajah kastil dan puas foto-foto, traveler bisa berbelanja souvenir. Ada hiasan-hiasan patung naga, cologne, sampai kartu pos dan pernak-pernik lainnya pun ada. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA