Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Mei 2019 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mungkin, Ini Masjid yang Bangunannya Paling Unik

Bona
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)
Islamabad - Berada di kaki bukit Himalaya bagian barat, berdiri masjid terbesar Pakistan. Shah Faisal, masjid megah nan cantik yang dibangun Raja Faisal bin Abdul Aziz.

Shah Faisal Mosque adalah masjid kebanggaan Pakistan. Tak cuma yang terbesar, masjid ini juga punya bentuk yang modern. Malah sedikit mirip landasan pacu ruang angkasa.

Masjid ini dibangun pada tahun 1969 oleh Raja Faisal bin Abdul Aziz. Raja Faisal meminta 17 arsitek dari 17 negara untuk memberikan ide rancangan bangunan masjid, seperti yang dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Kamis (9/5/2019).

Dari banyaknya arsitek yang menyumbangkan ide, hanya ada satu yang terpiliah, Vedat Dalokay. Berasal dari Turki, Dalokay memberikan ide rancangan masjid yang memiliki kubah.

 (iStock) (iStock)


Bangunan masjid dibuat mirip tenda dengan 4 minaret di sisinya. Desain ini sempat menimbulkan kontroversi karena tak ada struktur dome atau kubah tradisional.

Dalokay tak sembarangan saat memberikan ide ini pada Raja Faisal. Ide dari model bangunan masjid tercipta dari perpaduan tenda Beduin Arab.

Raja Faisal pun mendanai pembangunan masjid ini dengan biaya lebih dari R 130 juta atau sekitar Rp 496 M. Pembangunan masjid selesai pada tahun 1986 dan diberi nama seperti Raja Faisal untuk mengenang kebaikannya.

BACA JUGA: Masya Allah, Megahnya Masjid Sukarno di Rusia!

Masjid ini terletak di Kaki Bukit Margalla, Himalaya Barat. Shah Faisal memiliki luas 5.000 meter persegi.

Saking luasnya, Shah Faisal Mosque dapat menampung sekitar 100 ribu jamaah di dalam dan luar masjid. Ruang salatnya sendiri punya tempat lilin yang memiliki berat 7,5 ton dengan 1.000 bola lampu.

(iStock)(iStock)


Yang terlihat mencolok, bagian atap masjid diberi lambang bulan sabit emas. Minaret dengan desain Turki tradisional, memiliki tinggi 80 meter dengan ukuran 10x10 meter.

Minaret ini tak sembarangan dibangun. Sang arsitektur membayangkan bentuk Kabah dengan menempatkan empat menara di sekeliling bangunan utama masjid.

Jangan bayangkan ini hanya masjid biasa ya traveler. Shah Faisal Mosque dibuat layaknya miniatur kota. Wisatawan bisa menemukan perpustakaan, museum, tempat kuliah dan kafe.

Mungkin, Ini Masjid yang Bangunannya Paling Unik
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED