Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Mei 2019 22:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid Cantik Sri Lanka Yang Mirip Kue Lapis

Bona
detikTravel
Masjid Jamiul Alfar (iStock)
Masjid Jamiul Alfar (iStock)
Kolombo - Sri Lanka adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha dan Hindu. Tapi dipusat kotanya, Kolombo, ada masjid tua yang cantik mirip kue lapis.

Jamiul Alfar Mosque adalah masjid tua yang menjadi saksi perjalanan islam di Sri Lanka. Masjid yang berada di area sentra bisnis Kota Kolombo Pettah ini sangat ikonik, seperti yang diintip detikcom, Selasa (14/5/2019) dari berbagai sumber.

Masjid ini menjadi ikonik karena pilihan warna yang ada di seluruh bangunan. Kalau biasanya masjid punya satu warna yang jadi dasar, Masjid Jamiul Alfar justru punya 2 warna timpang tindih.

Warna yang dipilih adalah merah dan putih. Kedua warna tersebut dibuat layaknya kue lapis. Hasilnya, masjid ini terlihat sangat menarik dan instagrammable.

(iStock)(iStock)

Pemilihan warna ini tidak memiliki alasan khusus. Dibuat dengan dominasi warna merah, Jamiul Alfar juga dikenal dengan nama Red Masjid (Masjid Merah).

Berdirinya masjid ini bermula dari para saudagar muslim asal India. Mereka melakukan perjalanan bisnis dan singgah di Kolombo. Karena sering bolak balik, mereka berpikir untuk mendirikan sebuah rumah ibadah.

Atas inisiatif para pedagang ini, dibangunlah sebuah masjid. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1908 dan selesai tahun 1909. Bangunan masjid dirancang oleh HL Saibo Lebbe dengan kapasitas sekitar 1.500 orang.

Keberadaan masjid ini menjadi pendorong bagi para pedagang untuk menetap. Saat ini para keturunan pedagang muslim India menjadi bagian dari penduduk Sri Lanka.

BACA JUGA: Allahu Akbar di Korea Selatan

Dari segi arsitektur, Jamiul Alfar Mosque memiliki 14 menara masjid. Ada 2 menara yang berukuran sedang, sisanya memiliki ukuran yang lebih kecil.

(iStock)(iStock)

Bukan cuma luarnya yang cantik, bagian interior masjid ini pun dihias sedemikian rupa. Kalau kamu masuk, akan ada tiang-tiang dengan ornamen kaligrafi yang indah.

Sudah mengalami renovasi di tahun 1975, kini Masjid Merah bisa menampung sekitar 5.000 orang. Tapi rupanya ini masih belum cukup juga. Karena saat salat Jumat tiba, jamaah akan terlihat tumpah sampai ke jalan.

Selain Masjid Merah, Jamiul Alfar memiliki banyak nama. Karena dihuni oleh dua etnis, Tamil dan Sinhala, masjid ini pun punya 2 nama lagi.

Dalam bahasa Tamil, Masjid Merah akan dikenal sebagai Samman Kottu Palli. Sedangkan dalam bahasa Sinhala disebut Rathu Palliya.

Instagrammable, ikonik dan terlihat sangat Indonesia, Masjid Merah bisa menjadi salah satu destinasi religi menarik di Sri Lanka. Jangan lupa untuk berpakaian sopan ya traveler!

(iStock)(iStock)
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA