Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jun 2019 19:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Black Piranha, Ikan Paling Mematikan di Dunia

Afif Farhan
detikTravel
Black Piranha dilihat dari dekat (iStock)
Black Piranha dilihat dari dekat (iStock)
Jakarta - Tahukah kamu, setidaknya ada 20 jenis dari ikan piranha. Yang paling berbahaya dan mematikan, adalah Black Piranha!

Baru-baru ini, Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un dilaporkan mengeksekusi mati salah satu jenderal Korut yang dituduh merencanakan kudeta. Eksekusi mati itu disebut dilakukan secara keji dengan memasukkan sang jenderal ke dalam tangki berisi ikan piranha.

Hal itu jadi pemberitaan dunia dan bikin heboh, sebab eksekusinya yang terbilang sadis. Apalagi seperti kita tahu, ikan piranha memiliki gigi-gigi yang tajam dan mampu merobek daging manusia.

BACA JUGA: Dituduh Rencanakan Kudeta, Jenderal Korut Dilaporkan Dieksekusi Mati dengan Piranha

Habitat asli ikan piranha adalah di sungai-sungai di wilayah Amazon, Amerika Selatan. Mengenal piranha lebih dekat, tahukah kamu terdapat 20 jenis ikan piranha.

Semuanya memiliki gigi yang tajam, tapi ada satu yang dinilai mematikan. Black Piranha namanya.

Black Piranha (iStock)Black Piranha (iStock)


Sesuai namanya, Black Piranha berwarna hitam. Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (11/6/2019) menurut penelitian Scientific Reports, Black Piranha punya panjang 20 sampai 37 cm. Kekuatan gigitannya mencapai 30 kali dari berat badannya!

Hewan lain seperti hiu putih, hyena, dan buaya dapat menghasilkan gigitan yang lebih kuat dari piranha. Akan tetapi, kekuatannya menjadi kurang 'wow' jika dilihat dalam kaitannya dengan ukuran dan berat badan keseluruhannya.

Black Piranha mempunyai gigi yang sangat tajam, ditambah dengan otot rahang yang kuat. Bahkan menurut peneliti, tajamnya gigi Black Piranha seperti gigi hiu.

Gigi Black Piranha dari dekat (iStock)Gigi Black Piranha dari dekat (iStock)


"Jika kamu digigit olehnya, kamu tidak akan berasa apapun. Kamu akan sadar telah digigit piranha, ketika sudah melihat ada darah," kata para peneliti.

BACA JUGA: Seperti di Film, Danau di Inggris Diteror Ikan Piranha

Apakah Black Piranha menyerang manusia?

Menariknya, Black Piranha atau piranha lainnya tidak sesadis yang ada di film-film Hollywood. Kebanyakan, ikan piranha memakan mahluk hidup seperti hewan yang sudah jadi bangkai di sungai bukan menyerangnya saat hidup-hidup.

Ikan piranha pun tidak agresif menyerang manusia, kebanyakan ikannya malah menghindar jika ada manusia yang berenang. Akan tetapi beda cerita kalau kamu berenang di dekat tanaman air.

Sebabnya, ikan-ikan piranha bertelur di tanaman air. Sehingga jika ada yang datang (seperti manusia yang berenang di dekatnya), ikan piranha akan menganggapnya sebagai ancaman dan menyerangnya.

Hati-hati juga kalau sedang berdarah. Ikan piranha dapat mencium bau darah dan tertarik untuk memakannya!

Black Piranha yang melindungi telur-telurnya di dekat tanaman air (iStock)Black Piranha yang melindungi telur-telurnya di dekat tanaman air (iStock)


Black piranha dan ikan piranha lainnya umumnya menyerang ikan lain, udang dan cacing untuk makan. Tapi ingat, tetap hati-hati saat berada di sungai-sungai di Amazon ya!

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA