Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Jun 2019 09:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Perth Bangun Toilet Rp 4 M Hanya Untuk Pengguna Instagram

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Gudang di Perth yang instagramable, Crawley End Boat Shed (CNN)
Gudang di Perth yang instagramable, Crawley End Boat Shed (CNN)
Perth - Kota Perth serius menggarap wisatanya hingga ke pembangunan toilet. Buktinya, ada pembangunan toilet dengan biaya Rp 4 M demi turis yang suka main Instagram.

Hmmm.... melansir CNN, Kamis (13/6/2019), diketahui bahwa objek wisata paling banyak difoto di Perth, Australia bukanlah monumen, karya seni publik, atau situs UNESCO. Jawabannya adalah Crawley End Boat Shed, sebuah rumah kayu apung berwarna biru terang.

Berkat popularitasnya di Instagram, gudang biru kecil ini telah menjadi masalah utama di sana. Negara bagian Australia Barat akan menghabiskan ratusan ribu dolar Australia untuk membangun toilet umum di dekatnya agar dapat mengakomodasi banyaknya wisatawan yang datang.

Mereka yang datang ke sana hanya untuk mengunggahnya ke media sosial. Tidak seperti banyak lokasi foto populer lainnya di kota ini, Crawley End Boat Shed tidak berada di lokasi yang mudah dijangkau.

Perth Bangun Toilet Rp 4 M Hanya Untuk Pengguna InstagramFoto: (CNN)


Terletak di aliran Sungai Swan, latar belakangnya terbilang cantik untuk sebagian besar foto yang diambil di sini. Crawley End Boat Shed tak jauh dari Mounts Bay Road, salah satu jalan tersibuk di Perth.

Untuk mengunjungi gudang kapal itu, sebagian besar wisatawan memarkir di jalan perumahan terdekat, lalu menyeberangi Mounts Bay Road dengan berjalan kaki. Mengingat ini adalah jalan raya utama dengan mobil-mobil yang melintas di kedua arah, ini bisa menjadi pengalaman yang menegangkan sekaligus berbahaya.

Pada 28 Mei, Dewan Kota Perth telah bertemu untuk membahas masalah overtourism di Crawley End Boat Shed. "Telah ada peningkatan kunjungan selama beberapa tahun terakhir ke daerah ini. Mereka menggunakan bus wisata hingga yang menggunakan mobil pribadi hanya untuk mengambil foto," lapor dewan.

"Fasilitas umum terdekat terletak di Narrows Gardens yang berjarak 2,4 kilometer," tambahnya.

BACA JUGA: Kamu Pasti Nggak Percaya, Ini Toilet di Dalam Akuarium

Dalam catatan, restoran terdekat adalah Zafferano. Tempat makan ini memiliki masalah dengan turis yang datang hanya untuk menggunakan fasilitas toiletnya.

Pemiliknya mengklaim bahwa beberapa di antaranya adalah turis yang kasar bahkan mengganggu secara verbal. Untuk mengatasi masalah ini, Kota Perth telah memutuskan untuk membangun toilet bertenaga surya pertamanya.

Dilaporkan bahwa biaya pembangunannya setara AUD 400.000 atau setara Rp 3,958 miliar. Ada pula biaya tambahan AUD 20.000 atau setara Rp 198 juta per tahun untuk pemeliharaannya.

"Pembangunan toilet yang diusulkan akan sesuai di lokasi strategis. Itu memungkinkan pengunjung tidak mengganggu restoran atau sejenisnya," pungkas dewan.

(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED