Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jun 2019 21:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Saat Danau Tertua Dunia Membeku

Bonauli
detikTravel
Foto: Danau Baikal Membeku (iStock)
Foto: Danau Baikal Membeku (iStock)
Siberia - Baikal menjadi salah satu danau air tawar terbersih di dunia. Saat musim dingin tiba, ada beberapa fakta menarik yang ada di balik danau cantik ini.

Danau Baikal sering juga disebut sebagai laut. Hal ini bukan tanpa sebab, karena Baikal punya ukuran luas dan dalam yang fantastis. Danau ini berlokasi di Siberia, Rusia.

Baikal memiliki luas 31.722 km persegi, sedangkan dalamnya sampai 1.700 meter, seperti yang diintip detikcom dari berbagai sumber, Sabtu (16/6/2019).

detikcom ingin mengajak traveler untuk mengenal Danau Baikal lebih dalam. Khususnya di musim dingin.

Saat Danau Tertua Dunia Membeku(iStock)


Mari mulai dengan fakta bahwa Baikal Lake adalah danau tertua di dunia. Danau ini resmi menjadi situs yang dilindungi UNESCO sejak 1996.

BACA JUGA: Aneh Tapi Nyata, Gurun Pasir di Tengah Pegunungan Salju

Menjadi salah satu dari danau terbersih dunia, Baikal menampung 20 air tawar dunia saat tidak beku. Kalau membeku, danau ini punya fakta menarik yang tak kalah menarik.

Saat musim dingin tiba, Danau Baikal menjadi daratan es yang super cantik. Yang hanya bisa dilihat saat musim dingin adalah gelembung misterius di balik es.

Rupanya, gelembung-gelembung tersebut adalah gas metana. Gas metana dilepaskan oleh algae di bawah danau, menurut NASA.

Saat Danau Tertua Dunia Membeku(iStock)


Semakin dekat dengan permukaan, gas tersebut akan membeku. Jadinya malah unik seperti untaian gelembung dari balik es.

Mungkin kamu pernah melihat danau lain yang membeku di negara lain. Tapi Baikal punya ciri khas. Tak semua wajah Baikal memutih.

Berubah menjadi es, permukaan Baikal memiliki rupa kaca dengan garis-garis putih yang mengurai. Ini adalah salah satu cara Baikal menunjukkan dirinya sebagai salah satu danau terbersih dunia.

Sudah berumur sekitar 25 juta tahun, Baikal Lake akan membeku dengan ketika suhu mencapai -30 derajat. Ketebalan yang dihasilkan bisa sampai 30 inci.

Saat Danau Tertua Dunia Membeku(iStock)


Memang, tak mudah untuk membuat danau ini menjadi daratan sementara. Ketika saat itu tiba, danau ini akan jadi salah satu atraksi musim dingin di Rusia.

Wisatawan boleh berjalan di atas permukaan beku Danau Baikal. Ada pula yang menyempatkan diri untuk bersepada atau berkendara. Tapi jangan sembarangan, karena berkendara melintasi Danau Baikal tanpa ijin adalah ilegal.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat gelombang air danau yang membeku. Wujudnya lebih cantik saat berada dalam latar sunrise atau sunset. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED