Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jul 2019 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fenomena Alam yang Unik: Gurun Tapi Dingin

Bonauli
detikTravel
Spiti Valley di India (iStock)
Spiti Valley di India (iStock)
Himalaya - India tak ada habis-habisnya. Di Pegunungan Himalaya, ada sebuah fenomena alam yang unik. Namanya Spiti Valley, sebuah lembah gurun yang dingin.

India punya sebuah lembah unik yang jarang sekali diketahui oleh turis. Dengan pemandangan eksotik, lembah ini menjadi harta karun terpendam, seperti yang diintip detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2019).

Nama lembah ini adalah Spiti Valley, dengan lanskap berupa gurun. Seperti namanya, Spiti memiliki arti middle land atau tanah di pertengahan. Hal ini dikarenakan desa ini berada di perbatasan Tibet dan India, tepatnya Himachal Pradesh.

Warga lokal menamai tempat ini Little Tibet. Desa kecil ini di kelilingi oleh pegunungan gurun dan geyser. Yang membuat beda adalah rumah-rumah yang dibangun di puncak pegunungan.

Fenomena Alam yang Unik: Gurun Tapi DinginFoto: (iStock)
Dilihat dari ketinggian, desa ini tampak gersang padahal dingin. Tentu saja, udara dingin berasal dari geyser yang ada di sekeliling lembah.

Lembah ini hanya bisa dikunjungi ketika musim panas tiba. Karena jika musim dingin tiba, maka akses akan sangat terbatas dan tertutup oleh salju.

BACA JUGA: Fenomena Alam: 'Tembok' di Atas Laut

Ketinggian desa ini pun cukup mencengangkan, yaitu 12.500 kaki di atas permukaan laut. Seringkali desa ini dilewati sebagai tempat wisata. Padahal alamnya yang berbeda membuat Spiti Valley wajib untuk dikunjungi.

Fenomena Alam yang Unik: Gurun Tapi DinginFoto: (iStock)
Terlepas dari alamnya, Spiti Valley juga menjadi tempat penting bagi sejarah Buddha. Di sini terdapat biara Tabo dan stupa Buddha. Wisatawan bisa melihat berbagai bendera yang digantungkan berwarna-warni.

Selain itu, wisatawan juga bisa berjalan-jalan ke desa-desa di sekitar Spiti Valley. Ada juga Kunzum Pass, pintu gerbang Spiti Valley yang mengarah ke gletser terpanjang kedua di dunia, Bara Sigri.

Pemandangan yang tak ada duanya disiapkan bagi wisatawan. Gurun tapi dingin, inilah Spiti Valley... (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA