Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jul 2019 07:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengintip Proyek Hotel 'Abadi' Korea Utara

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Hotel Ryugyong di Pyongyang (AFP)
Hotel Ryugyong di Pyongyang (AFP)
Pyongyang - Di awal pembangunannya, Hotel Ryugyong di Korut digadang-gadang sebagai salah satu yang tertinggi dan termegah. Namun, bangunan ikonik itu tak kunjung usai..

Dibangun sejak era Kim Il Sung, Hotel Ryugyong menjadi simbol dari ambisi besar penguasa Korut dari masa ke masa. Memiliki desain futuristik yang jauh lebih maju dari zamannya, hotel itu diketahui telah dibangun dari tahun 1987 silam.

Tak main-main, hotel dengan desain tak biasa itu dibuat menjulang setinggi 330 meter. Jauh lebih tinggi dari gedung-gedung lain di Pyongyang.

Hanya saja dalam prosesnya, hotel itu tak pernah tuntas hingga sekarang. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Kamis (11/7/2019) bahkan hotel itu kerap dijuluki hotel bayangan hingga hotel kehancuran seperti diberitakan media News Australia.

Interior dalam Hotel Ryugyong yang terbengkalai (AFP)Interior dalam Hotel Ryugyong yang terbengkalai (AFP) Foto: undefined

Dari yang awalnya dimaksudkan jadi kebanggaan Korut, ternyata malah berujung terbengkalai dan jadi aib selama tiga generasi Kim. Di bawah kepemimpinan Kim Jong Un kini, keberadaan Hotel Ryugyong ibaratnya kutukan dari generasi terdahulu.

Situs berita online lokal, NK News pun pernah memberitakan perihal kondisi interior hotel tersebut yang tampak terbengkalai. Dari yang tadinya menyerupai Piramida dan roket, berubah jadi menara hantu.

Panorama Pyongyang dari Hotel Ryugyong (AFP)Panorama Pyongyang dari Hotel Ryugyong (AFP)

Rencana awal, Hotel Ryugyong dibuat dengan kapasitas sejumlah 7.665 kamar serta 105 lantai. Sempat mangkrak lama di awal karena krisis ekonomi, sejumlah kaca sempat dipasang di tahun 2011.

Sedangkan di tahun 2016, sejumlah lampu mulai dipasang lagi di menara tersebut. Puncaknya, tahun lalu display LED dipasang di salah satu sisi menara dan menampilkan video propaganda serta pertunjukan cahaya.

Baca Juga: Foto: Mengintip Pantainya Orang Korea Utara

Pihak Guinness Book of Records sendiri menyebut Hotel Ryugyong sebagai bangunan kosong tertinggi di dunia. Melihat kondisinya kini yang tak kunjung usai, sebutan itu tentu begitu relevan.

Simak Video "Korea Utara Kembali Uji Coba Rudal Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA