Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jul 2019 22:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Terpencil di Dunia, Tempat Mandi Ratu Cleopatra

Bonauli
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)
Siwa - Ratu Cleopatra masih menjadi ikon kecantikan hingga kini. Jarang yang tahu, Cleopatra punya pemandian di tempat terpencil nan eksotis.

Pamor cantik Ratu Cleopatra memang tak lekang oleh waktu. Meski sudah berlalu, namun kisahnya tetap diceritakan hingga kini.

Namun jarang yang tahu, bahwa Cleopatra punya pemandian yang terpencil di pelosok sebuah gurun. Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (11/7/2019) detikcom ingin mengajak traveler ke salah satu tempat terisolasi di bumi.

Untuk sampai ke pemandian ini, traveler harus terlebih dulu masuk ke sebuah kota bernama Shali Siwa. Kota ini berada di perbatasan Mesir-Libya. Namun masih masuk ke dalam pemerintahan Mesir.
Terpencil di Dunia, Tempat Mandi Ratu Cleopatra(iStock)
Shali dalam bahasa siwi, bahasa asli penduduk Siwa, berarti kota. Jauhnya letak kota ini juga menjadi keuntungan bagi budaya asli yang tetap terjaga.

Kota Siwa berada terpencil di tengah Gurun Sahara, yang terluas di dunia. Membayangkannya saja mungkin kamu sudah kegerahan. Tapi jangan berhenti sampai kalimat ini.

Mengapa kota ini disebut terpencil?

Karena Shali Siwa berada di wilayah provinsi Matrouh, sebelah barat Kairo. Jarak dari kota terdekat, Marsa Matrouh, kurang lebih 305 km. Sedangkan jarak dari Kairo kurang lebih sekitar 800 km. Kalau dikira-kira waktu tempuhnya sekitar 9-10 jam.

Terpencil di Dunia, Tempat Mandi Ratu CleopatraFoto: (iStock)


Biar terpencil, kota ini memiliki bangunan yang tak jauh berbeda dengan pinggiran Kairo. Mulai dari rumah nuansa desa sampai hotel sudah ada di sini.

Sekali lagi, biar pun di tengah gurun, Shali Siwa punya kelebihan. Meski tak dilewati oleh Sungai Nil, kota ini sangat subur dan sudah berumur 12 abad. Yang unik, Shali Siwa dibangun dari lumpur pada awal peradaban.

Namun bukan itu yang membuat kota ini menjadi pilihan Cleopatra. Shali Siwa memiliki ratusan oase yang penuh dengan mineral.

BACA JUGA: Surga Bawah Laut Mesir, Taman Nasional Ras Mohammad

Oase yang paling besar bernama Wahat Siwa atau Siwa Oasis. Panjangnya 80 km dan lebarnya 20 km. Wih!

Di sinilah Ratu Cleopatra menikmati waktunya untuk mandi dan merawat diri. Kekayaan mineral yang dikandung oase ini membuat Cleopatra jatuh cinta.
Terpencil di Dunia, Tempat Mandi Ratu Cleopatra(iStock)
Rasanya ini saja sudah bikin kamu membayangkan keeksotisan Shali Siwa. Tapi detikcom masih mau membuat kamu kagum dengan kota terpencil ini.

Keajaiban lain Shali Siwa terletak juga dari danau garamnya. Danau ini berada di tengah gurun tapi asin.

Jika musim panas tiba, danau ini akan mengeras dan berubah warnanya menjadi putih. Namun saat musim dingin, danau garam akan mencair dan airnya jernih berwarna biru.

Terpencil di Dunia, Tempat Mandi Ratu CleopatraFoto: (iStock)


Orang Siwa terbilang ramah. Bahasa yang digunakan adalah Arab amiyah dengan aksen Libya.

Tapi jangan berharap untuk melihat banyak wanita di kota ini. Aktivitas wanita sangat dibatasi setelah menikah. Mereka harus memakai burga dan tinggal di rumah sepanjang hari.

Biar demikian, Kota Siwa tetap menjadi misterius karena keberadaannya di tengah gurun. Bagaimana traveler, berniat mengikuti jejak Cleopatra?

Simak Video "Penemuan! Mumi Berusia 2.500 Tahun di Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED