Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Jul 2019 21:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Danau Cantik Rusia Ini Simpan Rahasia Mematikan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Danau Novosibirsk TEZ-5 di Rusia (@angelina_kondratenko/Instagram)
Danau Novosibirsk TEZ-5 di Rusia (@angelina_kondratenko/Instagram)
Novosibirsk - Sekilas, danau di Rusia yang dikenal dengan Novosibirsk TEZ-5 tampak cantik dan jernih layaknya laut di Maldvies. Namun, di baliknya ada rahasia mematikan.

Berlokasi di Siberia, Danau Novosibirsk TEZ-5 tengah jadi primadona di kalangan Instagramer Rusia. Kerap disebut sebagai Maldives Lake, sekilas danau yang memiliki warna hijau toska ini memang begitu menawan dan indah dipandang mata.

Akibat pesonanya, tak sedikit turis yang datang ke danau itu untuk berfoto dalam balutan bikini hingga piknik ala-ala. Mayoritas tujuannya cuma satu, mencari konten untuk feed Instagram.

Hanya saja, ternyata danau cantik ini tak seindah realitanya. Dilansir detikcom dari CNN, Minggu (14/7/2019), ternyata air di danau itu menyimpan racun yang bisa berbahaya bagi manusia.

Faktanya, danau itu hanya artifisal atau buatan dan menyimpan cairan kimia dari pembangkit listrik batu bara di dekatnya. Singkat kata, danau itu merupakan tempat pembuangan abu dan zat kimia lainnya.



Dijelaskan oleh juru bicara dari Siberian Generating Company, pihaknya telah memberitahu semua orang akan kandungan kimia berbahaya di danau tersebut yang bisa mengakibatkan iritasi kulit. Hanya saja, kekuatan foto di media sosial seakan mengalahkan fakta berbahaya tersebut.

"Pekan lalu, tempat pembungan abu kami di Novosibirsk TEZ-5 telah menjadi bintang media sosial, tapi kamu tak boleh berenang di tempat pembuangan abu. Airnya menyimpan alkaline yang tinggi. Kontak langsung dengan kulit dapat mengakibatkan reaksi alergi," ujar juru bicara perusahaan yang tak disebutkan namanya.

Melalui penelitian lebih lanjut, air danau tersebut menyimpan aneka campuran zat metal berbahaya. Alakaline level yang tinggi dengan pH lebih dari angka 8 juga dianggap berkontribusi pada warna biru danau.

Informasi itu pun diketahui telah sampai ke kuping warganet. Hanya saja, tak sedikit yang masih nekat datang demi mencari foto indah untuk konten..

"Kami tahu kalau danau itu beracun dan kami tak masuk ke dalamnya," ujar Maria Zheleznova yang tengah melakukan sesi foto dengan pasangannya.

BACA JUGA: Seperti Ini Danau yang Cantik di Sumba

Itu hanya satu contoh. Realitanya media sosial menyimpan banyak foto dan pose dari para Instagrame dengan latar danau tersebut. Ada yang berpose dengan bikini, foto selfie, bahkan sampai naik floties di atas danau tersebut.

Diketahui kalau Novosibirsk TEZ-5 dibuat tahun 1970 dan merupakan yang terbesar pernah dibangun di Siberia.

Simak Video "Keseruan WNI Mencoblos di Moskow"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA