Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Agu 2019 22:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara yang Berawalan Huruf I Selain Indonesia, Apa Saja?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Gajah dari Ivory Coast/Pantai Gading (iStock)
Gajah dari Ivory Coast/Pantai Gading (iStock)
Jakarta - Kamu pasti tahu jika tak hanya Indonesia yang namanya berawalan huruf 'i'. Mari kita mengenali negara-negara tersebut.

Setidaknya ada sembilan negara yang namanya dimulai dengan huruf i, seperti dilansir detikcom dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2019). Negara itu adalah Islandia, India, Iran, Irak, Irlandia, Israel, Italia dan Ivory Coast atau Pantai Gading (sebutan dalam Bahasa Indonesia).

Berikut ini sekilas fakta sembilan negara berawalan huruf 'i' dimulai dari tanah air kita:

1. Indonesia

Seperti kita ketahui bahwa hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki kopinya sendiri. Negara ini bagai surga bagi treveler dunia pecinta kopi.

Patut dikunjungi, di Indonesia memiliki Kopi Jawa, Kopi Sumatra hingga Kopi Luwak yang terkenal. Indonesia punya pulau yang terkenal hingga ke luar negeri, seperti Pulau Komodo, jenis makanan dari berbagai etnis seperti nasi goreng, sate hingga rendang.

BACA JUGA: Dani Alves Coba Kopi Luwak Bali: Terbaik di Dunia

2. Islandia

Kita akan pergi jauh ke Atlantik Utara, Islandia. Negara ini adalah rumah bagi beberapa gletser terbesar di Eropa. Selain es, negara ini juga terkenal dengan aktivitas vulkaniknya.

Islandia yang juga terkenal dengan aurora (iStock)Islandia yang juga terkenal dengan aurora (iStock)


Gletser dan gunung berapi telah membuat Islandia mendapat julukan 'tanah api dan es'. Islandia terjepit di antara Norwegia dan Greenland.

Siang hari yang panjang selama musim panas ada di sana dengan sinar matahari hampir 24 jam. Destinasi berupa air terjun Gullfoss di Sungai Hvita adalah salah satu situs daya tarik utama di Islandia.

3. India

Negara ini berpopulasi terbesar kedua di dunia. Beribu kota New Delhi, India adalah negara terpadat kedua di dunia.

Taj Mahal (Thinkstock)Taj Mahal (Thinkstock)


Nama India berasal dari Sungai Pakistan, Sungai Indus. Negara ini terkenal dengan banyak festival seperti Diwali, Durga Puja, Rakshabandhan. Turis dari seluruh dunia pergi ke India agar bisa merasakan perayaan ini.

Rempah-rempah dan perhiasan adalah hubungan yang tak bisa dijelaskan bagi orang India. Bollywood, industri film India, adalah salah satu industri film terbesar di dunia.

4. Iran

Terlepas dari perang dan konflik bersenjata di Iran, negara ini memiliki 10% cadangan minyak dunia. Iran memompa hampir 4 juta barel minyak setiap hari.

Setelah minyak, komoditas ekspor terbesar kedua Iran adalah karpet. Karpet Iran dikenal di seluruh dunia karena bordir unik mereka.

Iran adalah negara Islam dengan budaya yang masih dipegang teguh. Wisata napak tilas peradaban Islam juga digemari turis Muslim di sana.

Masjid Nasir Al Mulk di Iran yang bersejarah (iStock)Masjid Nasir Al Mulk di Iran yang bersejarah (iStock)


5. Irak

Negara timur tengah ini dianggap sebagai asal Taman Eden dalam Alkitab. Nabi Ibrahim berasal dari Irak karena Alkitab mengatakan ia berasal dari Ur yang berada di Irak selatan.

Orang-orang Arab merupakan 80% dari populasi Irak, diikuti oleh Kurdi, Turkomen, Kasdim, dan Asyur. Terlepas dari kebrutalan perang yang dialami di Irak, negara itu berusaha membangun kembali dirinya dari serangan teroris terus-menerus.

Negara ini masih tetap kaya sejarah. Beberapa konsep yang ditemukan di Irak lebih dari 100 tahun yang lalu seperti Aljabar, pediatri dan kisah Alibaba.

6. Irlandia

Sekelompok wanita Irlandia sedang menikmati bir (iStock)Sekelompok wanita Irlandia sedang menikmati bir (iStock)


Juga dikenal sebagai Emerald Isle, Irlandia menempati peringkat kedua di dunia dalam konsumsi bir. Irlandia punya pabrik-pabrik terkenal seperti Guinness, Harp Lager, dan Smithwick.

Ada juga minuman jenis wiski di Irlandia yang diciptakan oleh para biarawan Irlandia pada abad ke-12. Negara ini juga dikenal karena perayaan Hari Saint Patrick dan fakta bahwa Irlandia adalah pulau bebas ular.

7. Israel

Israel dianggap oleh orang-orang Kristen sebagai tanah suci Alkitab. Kota Yerusalem yang diakui milik Israel punya banyak situs suci bagi umat Islam, Yahudi dan Kristen.

Situs-situs tersebut termasuk Dome of the Rock, Masjid Al-Aqsa dan The Temple Mount. Negara di Timur Tengah ini telah mengalami banyak konflik dengan tetangganya.

BACA JUGA: Penemuan Langka! Reruntuhan Masjid Berusia Ribuan Tahun di Israel

8. Italia

Italia adalah negara Eropa yang terkenal dengan budaya, seni dan kulinernya mewahnya. Pizza, makanan cepat saji yang sudah mendunia adalah masakan umum di sana.

Pizza ditemukan di Kota Napoli. Di sana ada pula industri mode, dikenal karena telah memproduksi label besar seperti Versace, Dolce & Gabbana, Armani, dan Gucci.

Pekan mode, salah satu acara mode terbesar dunia diadakan di Milan setiap tahun. Italia juga memproduksi anggur dan minyak zaitun. Kota Roma adalah tujuan wisata terkenal karena kaya situs sejarah.

9. Ivory Coast/Pantai Gading

Terletak di Afrika Barat, Pantai Gading atau Ivory Coast diadopsi dari perdagangan gading negara yang berakhir pada abad ke-18. Negara ini adalah produsen cokelat terbesar di dunia.

Pantai Gading juga merupakan rumah bagi gereja terbesar di dunia, Basilika Our Lady of Peace yang berlokasi di Yamoussoukro. Beberapa taman nasional yang indah di sana seperti Taman Nasional Tai dan Camoe.

Gunung Nimba yang ikonik juga merupakan situs ikonik untuk dilihat saat berkunjung. Negara ini memiliki dua ibu kota, Yamoussoukro adalah ibu kota pemerintahan dan Abidjan berfungsi sebagai ibu kota ekonomi.



Simak Video "Andritany Cs Dicemooh Suporter, Ini Reaksi Coach Simon"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA